TASPEN Gelar Change Agent Summit 2024 untuk Mendukung Lingkungan Kerja Harmonis dan Kolaboratif

Jumat, 06 September 2024 – 22:16 WIB
Peserta Change Agent Summit 2024 yang digelar PT Taspen (persero). Foto: dokumentasi Taspen

jpnn.com - PT TASPEN (Persero) terus berkomitmen dalam mendukung penerapan Employee Well-being Policy di lingkungan perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan kolaboratif.

Guna menguatkan komitmen tersebut, TASPEN baru-baru ini menggelar Change Agent Summit 2024 di Bogor pada 27-29 Agustus 2024.

BACA JUGA: Hari Pelanggan Nasional, Pimpinan TASPEN Tinjau Pelayanan di 5 Kantor Cabang

Kegiatan itu digelar guna mempertajam kapabilitas dan peran Change Agent baik secara hard skill maupun soft skill dalam memproduksi konten edukatif, dan mengelola informasi, emosi, serta tantangan pekerjaan secara imbang dan sehat.

Change Agent TASPEN adalah karyawan yang ditunjuk sebagai ujung tombak perusahaan dalam menginternalisasi penerapan Employee Well-being Policy dan menjadi role model bagi Insan TASPEN lainnya.

BACA JUGA: Elektabilitas Andika-Hendi di Survei LKPI 64,8 Persen, Berpotensi Menang di Pilkada Jateng

Kegiatan yang melibatkan 76 Change Agent TASPEN dari Kantor Pusat dan Kantor Cabang TASPEN di seluruh Indonesia itu dihadiri Deputi SDM dan TI Kementerian BUMN Tedi Bharata, Plt. Direktur Utama TASPEN Rony Hanityo Aprianto, beserta Jajaran Direksi TASPEN.

Corporate Secretary TASPEN Henra dalam siaran pers, Jumat (6/9/2024) mengatakan bahwa perusahaannya senantiasa mendukung pengembangan sumber daya manusia yang unggul dan berupaya menciptakan lingkungan kerja yang produktif, sehat, aman, nyaman, dan bahagia bagi seluruh Insan TASPEN.

BACA JUGA: Nasib Kasat Narkoba Polresta Barelang Kompol Satria Nanda yang Terjerat Narkotika, PTDH!

"Penyelenggaraan Change Agent Summit 2024 merupakan salah satu wujud nyata dari TASPEN untuk mengoptimalisasi ekosistem kerja di lingkungan TASPEN. Dengan semangat kolaborasi, kegiatan ini diharapkan dapat terus berinovasi serta berkontribusi secara maksimal dalam mendorong transformasi budaya kerja perusahaan," ujarnya.

Dalam agenda ini, Change Agent mengikuti serangkaian kegiatan produktif antara lain sesi pelatihan bertajuk “Refleksi Diri: Sumber Kekhawatiran Penghambat Potensi Diri & Teknik Mindfullness” yang dibawakan oleh Psikolog Klinis Roslina Verauli dan bertujuan untuk mengajak para peserta mengenali diri dan potensi diri dengan teknik mindfulness.

Kemudian terdapat sesi pelatihan memproduksi konten edukatif mengenai budaya AKHLAK di perusahaan dengan judul “Create Content for Corporate Culture Campaign” dari tim Media Relations TASPEN. Selanjutnya Change Agent berkesempatan mengenal demensia dan kesehatan otak demi masa pensiun yang lebih sehat. Materi edukasi ini diberikan oleh Alzheimer Indonesia.

Selain itu, terdapat kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Program Internalisasi Budaya Perusahaan terkait roadmap budaya perusahaan tahun 2025-2029 yang dipandu oleh tim Corporate Culture and Innovation TASPEN.

Deputi SDM dan TI Kementerian BUMN Tedi Bharata yang hadir saat Opening Ceremony Change Agent menuturkan bahwa Kementerian BUMN mengapresiasi kegiatan Change Agent Summit yang diselenggarakan TASPEN.

"Saya yakin Change Agent TASPEN yang sebagian besar merupakan generasi milenial dan zilenial memiliki visi, keinginan, dan komitmen yang besar. Sehingga semangat ini harus selaras dengan visi misi TASPEN. Karena tanggung jawab atas masa depan TASPEN tidak hanya di tangan manajemen, namun juga di tangan para change agent dan segenap Insan TASPEN," tuturnya.

Change Agent ditargetkan mampu menciptakan suasana saling percaya antara rekan kerja, meningkatkan kemampuan Insan TASPEN untuk terus berkembang, menjalin hubungan erat, dan mendukung satu sama lain dalam menyelesaikan tugas bersama.

Selain itu, Change Agent diharapkan dapat mewujudkan lingkungan kerja yang harmonis dan kolaboratif, sesuai dengan tata nilai AKHLAK yang meliputi Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Hal itu selaras dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang menekankan pentingnya penerapan Employee Well-being Policy untuk meningkatkan Employee Value Proposition (EVP) BUMN, yakni belajar, bertumbuh, dan berkontribusi untuk Indonesia.

"TASPEN senantiasa berupaya menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif dan harmonis," kata Tedi.

Selain itu, dalam upaya menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif, saat ini TASPEN juga tengah menggelar TASPEN Paper Competition (T-PAC), yaitu kompetisi menulis bertema Asuransi dan properti yang mendorong keterlibatan civitas akademika di Indonesia untuk mengirimkan karya terbaik.

Informasi lebih lanjut mengenai T-PAC dapat diakses melalui web resmi maupun seluruh media sosial resmi TASPEN.(fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler