Libas Blackburn, MU Dekati Trofi Liga Inggris

Selasa, 03 April 2012 – 09:41 WIB

BLACKBURN - Sepertinya langkah Manchester United (MU) untuk kembali meraih trofi Liga Inggris musim ini tak tak terbendung lagi. Ini setelah  anak asuh Sir Alex Ferguson ini memperlebar jarak dengan tetangganya, Manchester City yang mengintai di posisi kedua. MU memimpin dengan selisih lima poin dari City.

Kini MU kokoh di puncak klasemen dengan 76 poin, sementara City mengantongi 71 poin dari 31 laga. Angka ini diraih setelah MU mempermalukan tuan rumah Blackburn Rovers di Ewood Park, Senin (2/4) petang waktu setempat atau Selasa (3/4) dini hari tadi.

Kemenangan ini sekaligus menuntaskan dendam MU setelah dipecundangi Blackburn dengan skor 3:2 pada laga di Old Trafford, dalam leg pertama premiere league akhir Desember lalu.

Memasuki babak pertama, trio Valencia, Rooney dan  Hernandez di barisan depan MU langsung mengancam gawang Blackburn. Serangan cepat dan terarah yang dibangun Scholes dan Carrick dari lapangan tengah begitu mendominasi pertandingan.

Menit ke-6, Javier  Chicarito Hernandez nyaris saja membuka skor untuk MU. Sayang umpan Rooney dari tengah tidak dimanfaatkan dengan baik oleh striker asal Meksikor. Bola sepakan Chicharito masih tipis di sisi gawang Robinson.

Enam menit kemudian, giliran Carrick dari luar kotak penalti meluncur deras ke arah gawang Rovers, namun masih melambung tinggi.
Meski dalam tekanan, bukan berarti tuan rumah tidak mendapatkan peluang. Sejumlah kesempatan lahir dari serangan balik cepat yang dilakukan anak asuh Steve Kean ini.

Lihat saja pada menit ke-18, Yakubu nyaris membuka kemenangan untuk timnya. Sayang, De Gea yang dalam kondisi prima dengan sigap menepis bola keras dari luar kotak terlarang itu.

Selain itu pada menit ke-44 dan 46 (injury time), De Gea menunjukkan kualitasnya. Sepakan keras Olson dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper muda Spanyol ini.

Sepanjang babak pertama MU berhasil menguasai 70 persen ball possession. Namun hingga turun minum tak ada gol tercipta dan membuat kedudukan sementara berakhir dengan skor kacamata.

Babak kedua dimulai, tuan rumah mulai lebih berani keluar menyerang. Setidaknya dua peluang diperoleh striker mereka Yakubu. Namun tendangannya belum ada yang tepat ke gawang De Gea.

Termasuk sebuah peluang berasal dari tendangan bebas yang dihadiahkan was it Howard Webb setelah Scholes mengganjal Yakubu di luar kotak terlarang. Eksekusi itu nyaris berbuah gol, andai saja De Gea tak sigap.

Sir Alex Ferguson melakukan pergantian pada menit ke-61 dan 63 untuk memperkuat daya gedor. Pelatih asal Skotlandia ini menarik Phil Jones dan menggantinya dengan gelandang sarat pengalaman Ryan Giggs.

Sementara Chicarito digantikan pemain muda Inggris, Danny Welbeck. Pergantian ini membuat serangan MU menjadi lebih padu. Terlebih saat Fergie memasukkan Ashley Young menggantikan Scholes yang mulai terlihat letih di menit ke 79.

Hasilnya terlihat pada menit ke-81, umpan  Rafael Da Silva berhasil dibawa ke  pojok kanan area pertahanan Blackburn oleh Antonio Valencia. Dari sudut sempit  Valencia membuka skor untuk United. Skor 0:1 untuk keunggulan MU.

Lima menit kemudian,  giliran Valencia yang memberi umpan. Pada menit ke-86, pemain pengganti  Ashley Young ini membuat para pendukung MU bersorak setelah tendangan kerasnya menghujam sisi kanan gawang Robinson. Gol ini semakin melecut semangat Giggs dan kawan-kawan. Namun hingga laga usai skors ini tetap bertahan.(zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Rekor Menanti Barca dan Messi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler