Wajah Berjerawat? Coba Atasi dengan 5 Cara ini

Sabtu, 10 Februari 2018 – 09:11 WIB
ilustrasi mengobati jerawat bandel.

jpnn.com - Jerawat yang muncul di area wajah tentu sangat menganggu penampilan. Tak ada salahnya bila Anda mencoba lima kiat di bawah ini agar terhindar dari jerawat yang bandel.

1. Gunakan make-up seperlunya.

BACA JUGA: Jerawat Bisa Picu Depresi?

Saat Anda sedang berjerawat, hindari penggunaan foundation, bedak, atau blush on. Bila harus memakai kosmetik, jangan lupa untuk membersihkan wajah setelahnya. Selain itu, pilihlah make-up yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

2. Hindari paparan sinar matahari terlalu lama.

BACA JUGA: Cara Alami Mengatasi Komedo Membandel

Sinar ultraviolet dari matahari bisa meningkatkan peradangan dan kemerahan pada jerawat, memperlambat penyembuhan bekas jerawat, bahkan berisiko meninggalkan pigmentasi pada kulit.
Karena itu, gunakan selalu tabir surya SPF 30 atau lebih saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

3. Rutin olahraga.

BACA JUGA: Atasi Jerawat Membandel dengan Campuran Minyak Cendana

Olahraga secara teratur sangat baik untuk tubuh, termasuk untuk kulit. Hindari penggunaan baju atau alat olahraga yang bisa mengiritasi kulit. Segeralah mandi setelah keringat kering usai berolahraga.

4. Pakai pelembap.

Beberapa produk penghilang jerawat mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kulit kering. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap agar terhindar dari kulit kering dan pengelupasan kulit. Pilihlah pelembap yang khusus untuk kulit berjerawat.

5. Rileks.

Beberapa studi mengaitkan munculnya jerawat dengan stres. Nah, jika tak ingin wajah dimunculi jerawat, Anda harus tahu bagaimana caranya menaklukkan stres ini. Misalnya, dengan melakukan hobi, mendengarkan musik, meditasi, curhat dengan teman atau keluarga, berlibur, dan sebagainya.

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering terjadi. Dan salah satu jenis jerawat yang paling menjengkelkan adalah jerawat yang singgah di area wajah.

Segera atasi jerawat Anda agar tidak memicu gangguan kesehatan lainnya, salah satunya depresi.(RS/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bibir Tebal dan Jerawat Kendall Mencuri Perhatian


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler