Liga 1 2018: Barito Putera Fokus Benahi Sektor Pertahanan

Selasa, 21 Agustus 2018 – 18:33 WIB
Di sesi latihan perdana, tim pelatih Barito Putera langsung mengevaluasi lini pertahanannya yang dinilai menjadi titik lemah musim ini. | Foto: M Idris Jian Sidik/Radar Banjarmasin

jpnn.com, BANJARMASIN - Tim pelatih Barito Putera langsung mengistirahatkan seluruh pemainnya ysau menjamu Persebaya Surabaya di kandang.

Namun, setelah menjalani libur selama sepekan, latihan perdana The Yellow River sudah dimulai di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Senin (20/8) sore.

BACA JUGA: Sriwijaya FC ke Jatim atau Solo

Jacksen F Tiago memulai latihan dengan mengembalikan kondisi fisik dan sentuhan bola semua pemain. Satu hal yang menjadi perhatian khusus pelatih berkebangsaan Brasil ini adalah organisasi sektor pertahanan.

“Seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya, kami akan fokus untuk membenahi sektor pertahanan,” ungkap Jacksen.

BACA JUGA: Sriwijaya FC Bakal Gelar TC Antara di Solo atau Jatim

Jacksen mengungkapkan dalam sesi latihan banyak menciptakan simulasi untuk menguji lini pertahanan.

Seperti menghalau penyerangan lawan saat melakukan umpan silang, umpan tarik, ataupun ketika pemain depan lawan melakukan gerakan individu untuk menembus lini pertahanan.

BACA JUGA: Firza Andika Dipastikan Absen Saat PSMS Lawan PSIS Semarang

Aaron Evans, Dandi Maulana, M Rifqi, Nico Fadillah, Adrean Akbar, Habel Ronal, Rony Beroperay, dan Jajang Sukmara secara bergantian mengawal lini pertahanan.

“Simulasinya ada tiga sampai empat orang pemain yang ada di sektor pertahanan. Menghadapi tiga sampai lima pemain depan,” jelasnya.

Hasilnya memang cukup memuaskan. Pemainnya dinilai mampu menjalankan instruksi dengan baik. Dia cukup menyayangkan hal tersebut hanya terjadi saat latihan saja.

“Mereka ketika berlatih mampu tampil dengan baik. Namun, hal tersebut hilang ketika berada dalam situasi pertandingan,” kata Jacksen.

Pada sesi latihan perdana kondisi anak asuhnya mengalami penurunan. Intensitas latihan yang dijalani tidak terlalu tinggi seperti biasanya.

“Penurunan fisik setelah libur sepekan pasti terlihat, tapi itu wajar. Kami akan kembalikan kondisi mereka secara perlahan,” katanya.

Pemain Barito Putera, Samsul Arif Munip mengakui cukup kelelahan pada sesi latihan perdana ini.

“Setelah libur sepekan, tentu di hari perdana saya sendiri mengaku tidak terlalu optimal. Namun, wajar saja saya juga memanfaatkan libur dengan baik menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman,” ungkap Samsul.(bir/ma/dye)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pasukan Ramang Peringkat Delapan Soal Akurasi Umpan Silang


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler