Liga E-sports Nasional 2024 Banjir Pujian

Kamis, 27 Juni 2024 – 22:48 WIB
Acara konferensi pers peluncuran Liga E-sports Nasional 2024 di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Kamis (27/6/2024). Foto: Dokumentasi PBESI

jpnn.com - Gebrakan dilakukan Federasi E-sports Indonesia (PBESI) dengan menggelar Liga E-sports Nasional 2024.

Wakil Bendahara Umum PBESI Ashadi Ang mengungkapkan pihaknya segaja menggelar turnamen tersebut untuk meningkatkan kompetensi atlet dan pelatih nasional.

BACA JUGA: Menpora Dito Apresiasi Kontribusi LPDUK Mengembangkan Ekosistem E-Sports

Ajang Liga E-sports akan dibuat berkasta mulai dari terendah di Liga 3, Liga 2, sampai tertinggi Liga 1.

"Kami membuka kesempatan kepada atlet E-sports untuk unjuk bakat dan kemampuan, juga ada kompetisi yang berjenjang dan terukur untuk menjadi atlet profesional dengan menjadi E-sports leader," ungkap Ashadi.

BACA JUGA: KawanJuang GP Sukses Menggelar Turnamen E-Sports di Depok dan Subang

Kompetisi berjenjang yang dilakukan federasi E-sports Indonesia mendapat apresiasi dari Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Krisna Bayu.

Menurut pria kelahiran 24 Desember 1974 itu, langkah yang diambil sangat baik untuk perkembangan E-sports di Indonesia yang mayoritas pemainnya merupakan generasi muda.

BACA JUGA: 37 Tim Mobile Legends Ikut G2 Arena E-Sport Tournament 2024 

"Liga E-sports Nasional kedua ini merupakan wadah yang baik memajukan Indonesia. Tercatat 280 juta generasi muda punya potensi di E-sports," ungkap pria berakronim KB itu.

Apresiasi juga diberikan Wakil Kepala Bidang I Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Puang Syamsudin.

Langkah pembinaan yang dilakukan PBESI dengan menggelar turnamen berjenjang membuat bakat pemain E-sports tersalurkan.

"KONI Pusat bangga E-sports menjadi favorit di kalangan generasi muda. Dengan diiringi edukasi dan dinamika, kami memberikan dukungan penuh buat masa depan bangsa dan hal ini sangat membanggakan," ungkap Puang.

Pada edisi 2024, Liga E-sports Nasional punya sistem yang terbuka, tersebar, dan tertata.

Chief Operating Officer Garudaku Ricky Setiawan mengungkapkan landasan tersebut membuat ekosistem E-sports di Tanah Air merata.

"Ajang Liga E-sports nasional merupakan usaha PB ESI dan Garudaku untuk mengakselerasi e-sports di Indonesia," tambah Ricky.

Liga E-sports Nasional 2024 masih akan mempertandingkan game Mobile Legends Bang Bang (MLBB) dan akan memperebutkan hadiah senilai Rp 3,2 miliar.

Rencananya format kompetisi akan dibuat berjenjang mulai dari Liga 3 jalur Solo, Liga 3 jalur terbuka, dan Liga 3 Jalur Pro. Tim-tim yang menjadi juara di masing-masing kategori akan tampil di Liga 2 untuk kemudian tampil di Liga 1.

Untuk kasta tertinggi akan digelar mulai 5 Oktober mendatang, dan bisa disaksikan langsung secara langsung di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.(pbesi/mcr16/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler