LIGA Jakarta: Airin, Erick Thohir hingga Misan Samsuri Layak Jadi Gubernur DKI

Selasa, 25 Januari 2022 – 16:39 WIB
Balai Kota DKI Jakarta. Foto: dok JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Meski Pilkada DKI baru akan digelar 2024 mendatang, tetapi nama-nama yang berpotensi jadi calon gubernur (cagub) sudah bermunculan.

Sebut saja unsur tokoh Betawi, ada anggota DPD RI Sylviana Murni, Bahrul Akbar dan Wakil Ketua DPRD DKI Misan Samsuri.

BACA JUGA: Pakar Hukum Sebut Pembubaran FPI Berkaitan dengan Kekalahan Ahok di Pilkada DKI

Lalu, ada mantan Wali Kota Tangerang Selatan(Tangsel) Airin Rachmi, Wagub DKI Ahmad Riza Patria, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

"Penjaringan bakal cagub kami lakukan secara bertahap hingga beberapa bulan ke depan," kata Koordinator Lintas Generasi Aktivis (LIGA) Jakarta M Syaiful Jihad bersama aktivis Jakarta lainnya di Jakarta, Selasa (25/1).

BACA JUGA: Pasha Ungu Maju di Pilkada DKI Jakarta?

Syaiful mengatakan, LIGA Jakarta nantinya akan melakukan safari ke-267 kelurahan di Jakarta untuk menanyakan warga soal cagub DKI mendatang.

"Kami sudah mulai menjaring nama yang berpotensi menjadi Cagub DKI 2024. Semuanya adalah orang-orang yang berkompeten memimpin ibu kota”. kata Syaiful.

BACA JUGA: Penundaan Pilkada DKI Diduga Untuk Menzalimi Anies Baswedan

Beberapa nama yang telah terjaring yakni, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno; Menteri Sosial Tri Rismaharini; Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi; Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas; serta mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

"Sangat wajar tokoh sekelas menteri bertarung di Pilkada DKI. Karena Anies Baswedan sebelumnya juga menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan," papar Syaiful.

Selain itu muncul pula nama politisi Kebon Sirih yang saat ini tengah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Misan Samsuri.

"Saya melihat munculnya nama Misan sebagai representasi dari tokoh Betawi yang juga telah menapaki lika-liku politik Jakarta dengan menjabat sebagai anggota DPRD 3 periode," ujar Syaiful.

Nama para bakal cagub DKI yang telah disebut LIGA Jakarta melengkapi nama-nama yang telah beredar.

Sebelumnya, Penasehat Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik menyebutkan sederet nama tokoh yang berpeluang bertarung di kontestasi Pilgub DKI, di antaranya mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany; Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria; Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, dan tokoh Betawi Bahrullah Akbar.

Sementara Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyodorkan nama Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai cagub DKI.

Nama lain yang patut diperhitungkan adalah Bendahara Partai Nasdem yang juga anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni.

“Nama-nama ini sangat potensial. Tapi, kami tetap akan melakukan penjaringan kepada tokoh-tokoh yang memiliki kompetensi jadi gubernur. Waktu dua tahun waktu yang singkat. Kami, akan lakukan ini untuk memudahkan warga Jakarta memilih cagub,” demikian Syaiful. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler