Liga Negara UEFA: Prancis Senang Berhadapan dengan Jerman

Kamis, 06 September 2018 – 08:01 WIB
Duo Prancis Kylian Mbappe dan Didier Deschamps saat uji lapangan di Munich jelang meladeni Jerman di Liga Negara UEFA. Foto: AFP

jpnn.com, MUENCHEN - Juara Piala Dunia 2018 Prancis bakal bertandang ke Allianz Arena, Munchen meladeni Jerman di partai pertama Grup 1 League A Liga Negara UEFA, Jumat (7/9) dini hari WIB.

Duel kedua negara sarat dengan tekanan. Prancis dengan statusnya sebagai jawara dunia harus menghadapi tim yang terluka di Rusia 2018. Ya. Ini adalah kesempatan terbaik buat Jerman untuk bangkit, merespons kegagalan lolos dari penyisihan grup Piala Dunia 2018.

BACA JUGA: Sangat Pantas Widodo Dinobatkan jadi Pelatih Terbaik

"Ini ajang penting buat kami menunjukkan perubahan. Kami siap untuk tantangan di Liga Negara," ujar pelatih Jerman Joachim Low di laman resmi UEFA.

Low bisa memainkan kekuatan barunya di Allianz. Dari kemungkinan starter yang diturunkan, terdapat gabungan era lama dan baru. Ada nama Thomas Muller, Toni Kroos, Julian Brandt dan Timo Werner.

BACA JUGA: Alhamdulillah, Bonus Masih Mengalir

Sementara Tim Ayam Jantan Prancis datang ke Muenchen juga dengan kekuatan penuh. Ada nama Raphael Varane, Paul Pogba, Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe.

"Kami datang ke Jerman sebagai juara dunia, itu bukan beban, tapi sebagai sesuatu yang indah. Namun, kami berpikir ke depan, bukan mengingat Rusia 2018," tutur pelatih Prancis, Didier Deschamps.

BACA JUGA: Penilaian Djadjang Nurdjaman soal Bonek, Bobotoh, dan Viking

"Jerman gagal lolos ke fase gugur Piala Dunia 2018, tapi mereka tim ynag hebat. Kami suka bermain dengan tim besar, karena tantangannya juga besar," imbuh Deschamps.

Selain Jerman dan Prancis, di Grup 1 League A ini bergabung Belanda.

Sementara di Grup 2 diisi Belgia, Swiss, dan Islandia. Kemudian Grup 3 diisi Portugal, Italia, dan Polandia. Sedangkan Grup 4 diisi Spanyol, Inggris, dan Kroasia. Empat juara grup dari League A akan melakoni play-off untuk memperebutkan gelar juara dan dilakukan pada Juni 2019 mendatang.

Penentuan tim yang berada di League A berdasar peringkat UEFA. Tim yang berada di League A merupakan negara-negara dengan peringkat atas.

UEFA membagi Liga Negara ini dalam empat League. League A terdiri empat grup dan masing-masing grup diisi tiga negara (12 tim). Kemudian League B juga terdiri dari empat grup dan masing-masing grup diisi tiga negara (12 tim). League C terdiri empat grup dengan tiga grup masing-masing berisi empat tim dan satu grup berisi tiga tim (15 tim). Terakhir League D terdiri dari empat grup dan setiap grup berisi empat tim (16 tim).

Liga Negara UEFA punya sistem promosi-degradasi. Setiap negara yang berada di dasar klasemen masing-masing grup di League A bakal turun ke League B. Sebaliknya, juara masing-masing grup di League B, akan promosi ke League A.

Tim di dasar klasemen masing-masing grup League B akan turun ke League C dan dari League C akan turun ke League D. Sedangkan juara masing-masing grup di League D akan naik ke League C dan juara masing-masing grup di League C akan naik ke League B.

Masing-masing League dan setiap grup memainkan laga tandang dan kandang. Undian putaran final dilakukan pada awal Desember 2018 dan final digelar pada 5-9 Juni 2019.

UEFA menggelar Liga Negara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sepak bola negara di Eropa dan mengurangi jumlah laga persahabatan yang dinilai tidak terlalu efektif untuk menaikkan mutu timnas negara Eropa. (adk/jpnn)

Liga Negara UEFA

League A
Grup 1: Jerman, Prancis, Belanda
Grup 2: Belgia, Swiss, Islandia
Grup 3: Portugal, Italia, Polandia
Grup 4: Spanyol, Inggris, Kroasia

League B
Grup 1: Slovakia, Ukraina, Rep. Cheska
Grup 2: Rusia, Swedia, Turki
Grup 3: Austria, Bosnia, Irlandia Utara
Grup 4: Wales, Irlandia, Denmark

League C
Grup 1: Skotlandia, Albania, Israel
Grup 2: Hungaria, Yunani, Finlandia, Estonia
Grup 3: Slovenia, Norwegia, Bulgaria, Siprus
Grup 4: Rumania, Serbia, Montenegro, Lithuania

League D
Grup 1: Georgia, Latvia, Kazakhsyan, Andorra
Grup 2: Belarusia, Luksemburg, Moldova, San Marino
Grup 3: Azerbaijan, Kep Faroe, Malta, Kosovo
Grup 4: Makedonia, Armenia, Liechtenstein, Gibraltar

Matchday 1: 7–9 September 2018
Matchday 2: 10–12 September 2018
Matchday 3: 12–14 Oktober 2018
Matchday 4: 15–17 Oktober 2018
Matchday 5: 16–18 November 2018
Matchday 6: 19–21 November 2018

Undian putaran final: Awal Desember 2018
Final: 5-9 Juni 2019

BACA ARTIKEL LAINNYA... Eks Bek Persija Nilai Liga Malaysia Lebih Oke dari Indonesia


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler