Lihat, Jokowi Datangi Desa yang Warganya Antarkan 3 Ton Jeruk ke Istana Kepresidenan

Jumat, 04 Februari 2022 – 17:33 WIB
Presiden Joko Widodo saat melihat hasil panen buah jeruk warga Desa Kutambelin, Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Jumat (4/2). Foto: Dokumentasi Sekretariat Presiden

jpnn.com, KARO - Presiden Joko Widodo meninjau langsung perbaikan jalan di Desa Kutambelin, Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Jumat (4/2).

Sebelum dikunjungi RI 1, pada awal Desember 2021, warga di desa tersebut sempat mengirimkan tiga ton jeruk kepada Jokowi sebagai bentuk protes karena jalan di desa tersebut tak kunjung diperbaiki.

BACA JUGA: Warga Liang Melas Datas Kirim 3 Ton Jeruk untuk Presiden Jokowi

Setelah meninjau tempat itu, Jokowi merasa jalan ke Desa Kutambelin memang membutuhkan perbaikan.

"Setelah melihat di lapangan yang namanya kebutuhan jalan yang baik itu sangat diperlukan, karena menyangkut struktur biaya dari yang namanya jeruk ini," kata Jokowi di hadapan awak media.

BACA JUGA: Warganya Kirim Jeruk ke Jokowi, Bupati Karo: Bukan Protes, Mereka Begitu Cinta...

Selama ini, masyarakat Desa Kutambelin mengeluhkan rusaknya jalan sehingga sulit mendistribusikan hasil tani dari daerah tersebut.

Kini, jalan sepanjang 37,2 kilometer itu sudah bisa dilalui berbagai kendaraan dengan waktu tempuh satu jam dari jalan lintas Kabanjahe-Kutacane.

BACA JUGA: Jeruk Jokowi

Sebelum perbaikan, dibutuhkan waktu hingga tiga jam, bahkan tidak bisa dilalui bila kawasan ini hujan deras.

"Kami harapkan dengan adanya perbaikan jalan produksi ini, struktur biaya terutama ongkos logistik, biaya logistik turun dan akhirnya jeruk bisa dikirim ke semua kota dengan harga yang kompetitif, tidak kalah dengan jeruk impor," harap Jokowi.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang turut mendampingi Jokowi mengatakan optimistis perbaikan jalan ini akan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Menurutnya, salah satu biaya produksi terbesar bisa dipangkas secara signifikan.

"Ini tentu akan pangkas biaya distribusi secara signifikan, jadi akan meningkatkan pendapatan petani kita di sini," kata Edy Rahmayadi.

Mantan Pangkostrad itu juga mengingatkan masyarakat agar terus meningkatkan pengetahuan tentang pertanian dan bekerja sama dengan dinas terkait.

"Kami terus bekerja sama, memacu pertanian agar bisa bersaing dengan produk-produk lain dan harga jualnya juga lebih baik," katanya.

Berdasarkan keterangan Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, perbaikan jalan di Desa Kutambelin yang sudah dimulai sejak awal 2022 itu belum sepenuhnya rampung.

Sebagian masih berupa sirtu yang telah melalui pengerasan jalan.

Ditargetkan jalan yang akan menghabiskan dana Rp 164,8 miliar itu diaspal dan selesai tahun depan.

"Sampai pengaspalan, tetapi tentu sesuai dengan bobot kendaraan yang melalui jalan ini, tidak seperti jalan lintas atau jalan utama tentunya, ini sesuai kebutuhan," kata Hedy.

Datang menggunakan helikopter, Jokowi sempat merasakan memetik dan mencicipi jeruk Desa Kutambelin didampingi Edy Rahmayadi, Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menparekraft Sandiaga Salahuddin Uno.

Terlihat juga Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Hassanudin, Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, serta rombongan kepresidenan.

Ini merupakan hari terakhir kunjungan kerja Jokowi ke Sumut dan menutupnya dengan peresmian tol Binjai-Stabat.

Sebelumnya, Presiden ke-7 ini telah meresmikan pelabuhan di kawasan Danau Toba, jalan Bypass Balige, Kampung Ulos, Pantai Bebas, dan meninjau penataan Huta Siallagan. (mcr22/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Finta Rahyuni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler