Lihat Nih, Venue Skate Board Asian Games 2018 Belum Tuntas

Rabu, 11 April 2018 – 23:58 WIB
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan venue skateboard di Komplek JSC. Foto: Alfery/Sumatera Ekspres

jpnn.com, PALEMBANG - Sejumlah venue Asian Games 2018 di kawasan Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang, Sumsel, belum sepenuhnya selesai.

Di antaranya adalah voli pantai, panjat tebing, dan roller sport (roller skate-skate board). Bahkan khusus skate board itu realisasinya baru 23,46 persen.

BACA JUGA: Herbalife Siapkan Asupan Nutrisi untuk Atlet Asian Games

Padahal, dua bulan lagi, Juni 2018, semuanya harus tuntas. Masuk persiapan dan uji coba.

Khusus venue di luar cabor, beberapa fasilitas juga masih proses pembangunan. Sebut saja, rusunami dan pembangunan landscape di kawasan JSC.

BACA JUGA: 2 Bulan di Sukabumi, Tim Gulat Asian Games 2018 ke Bulgaria

Pantauan sumeks.co.id (Jawa Pos Group) ini di arena panjang tebing (9/4) siang. Sejumlah pekerja melakukan pekerjaan seperti memasang papan dinding, konstruksi besi, dan sarana pendukung dari pembangunan gapura, pamasangan coneblock, hingga pengerasan tanah beberapa bagian arena.

Pekerjaan itu dihandel oleh 3 kontraktor berbeda. Yakni CV Cipta Agung mengerjakan papan dinding, PT Tata Laksana konstruksi besi, dan PT Duta Mandiri menyelesaikan sarana pendukung, seperti gerbang, pagar, coneblock, dan lainnya. Pengawas Lapangan CV Cipta Agung, Firman menjelaskan, khusus pengerjaan papan dinding itu progresnya sudah 45 persen.

BACA JUGA: Asian Games 2018: Latih Tim Voli Putri, Ansori Incar 8 Besar

“Harusnya 60 persen, tapi karena papannya harus kami bongkar lagi, jadi persentase penyelesaiannya turun,” jelasnya ditemui di lokasi proyek, kemarin. Pembongkaran itu terpaksa dilakukan karena konstruksi besi yang dikerjakan PT Tata Laksana belum selesai. “Mereka mau menaikkan besi konstruksi, jadi khwatir merusak papan dinding ya terpaksa dibongkar dulu,” ujarnya. Penghentian itu juga demi keamanan. Menunggu konstruksi besi benar-benar selesai.

Namun pekerja PT Tata Laksana, Erwin mengaku pihaknya sulit bekerja lebih cepat karena beberapa kendala, seperti faktor cuaca. "Kalau hujan pekerjaan harus dihentikan. Selain berhubungan dengan listrik, juga kontruksi di atas licin. Rawan kecelakaan dan sambaran petir," katanya. Apalagi pekerjaan itu tak menggunakan crane untuk menaikkan besi konstruksi, tetapi manual dengan derek. “Kalau pekerjaan kita sudah 60 persen, target kami selesai pertengahan April,” bebernya.

Demikian juga pembangunan venues skate board. Tampak beberapa pekerja menimbun lahan dengan tanah merah dan mengerjakan arena.

Meskipun begitu, Koordinator Venue Asian Games JSC Palembang, Aminuddin, meyakini target seluruh pekerjaan venues selesai Juni mendatang.

“Juni harus kita kejar kan. Perlu persiapan. Jadi nanti tak menganggu jadwal perhelatan Asian Games 2018 pada 18 Agustus-2 September 2018,” imbuhnya. Apalagi venues yang belum selesai cuma beberapa saja, seperti tribun voli pantai dan roller sport. “Kalau venues itu pekerjaannya baru mulai Maret lalu, cabor roller sport ini baru kita dapat juga di bulan itu,” cetusnya.

Aminuddin tak menampik juga beberapa kendala masih dialami dalam pembangunan, seperti venue panjat tebing, dimana perlengkapan atau bahan untuk dinding panjat masih belum sampai ke Palembang. Namun dalam waktu dekat akan sampai dengan segera dipasang.

“Lalu untuk fasilitas penginapan atlit, tower 2 dan 3 rusunami tidak memiliki lahan untuk penyimpanan dan perbaikan mobiler,” jelasnya. Untuk masalah itu, pihaknya meminta ruang atau gudang yang terdekat di dalam area Jakabaring.

Untuk memastikan pengerjaannya, maka venues yang belum selesai itu ditarget setiap hari. “Kami selalu memantau dengan membuat laporan mingguan, jadi bisa dilihat deviasi progres pembangunannya,” ungkapnya. Aminuddin menuturkan rata-rata tingkat deviasi terbilang rendah, bahkan ada beberapa pekerjaan yang melampaui target.

“Tapi yang jelas, seluruh pekerjaan dilakukan secara teliti serta tepat waktu. Tidak boleh terlambat,” terangnya. Venues yang lain, pembangunannya sesuai target atau on schedule. Walaupun untuk fasilitas pendukungnya beberapa masih dibangun. Diketahui, penyelenggaran Asian Games 2018 di Palembang sendiri akan mempertandingkan 11 cabor yaitu menembak, dayung, kayak/kano, voli pantai, sepak bola wanita, tennis/soft tennis, triathlon, roller skate-skate board, panjang tebing, sepak takram, dan bowling.(kos/kmd/cj17/fad/ce1)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Asian Games 2018: Timnas Skateboard Asah Nyali di AS


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler