Lihat Tuh, Satgas TNI Turun ke Kantor Polisi, Asap Mengepul

Senin, 09 Mei 2022 – 17:06 WIB
Satgas Organik Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti (TS) melakukan kegiatan pengasapan di Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. (ANTARA/HO-Penrem 033/Wira Pratama)

jpnn.com, MAYBRAT - Satgas Organik Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti (TS) melakukan fogging atau pengasapan di Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

Para prajurit TNI ingin mengantisipasi wabah penyakit malaria dan demam berdarah dengue (DBD).

BACA JUGA: Antisipasi Malaria dan DBD di Papua Barat, Prajurit TNI Melakukan Pengasapan

"Ini sebagai salah satu bentuk pelayanan kesehatan untuk membantu masyarakat sekitar, khususnya di Distrik Aifat agar terhindar dari malaria dan DBD," kata Dokter Satgas Satuan Organik Yonif Raider Khusus 136/TS Letda Ckm Chendy Endriansa dalam keterangannya, Minggu (8/5).

Dia mengatakan pengasapan dilakukan sebagai upaya mencegah dini berkembangnya penyebaran nyamuk aedes aegypti dan anopheles yang dapat menyebabkan penyakit malaria dan DBD.

BACA JUGA: 4 Nama Diusulkan ke Jokowi sebagai Pj Gubernur Papua Barat, Ada yang Dianggap Gugur

Menurut Chendy, Papua merupakan daerah yang dikenal dengan endemik penyakit malaria.

Dia menambahkan sudah banyak korban yang meninggal dunia akibat penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk anopheles tersebut.

BACA JUGA: TNI dan Polri Kompak Menjaga Kamtibmas Papua Barat Jelang Lebaran

“Kami berupaya mencegah dan menekan angka penyebaran penyakit malaria dan DBD, terlebih pada musim hujan saat ini,” ungkap Chendy.

Sementara, Komandan Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Letkol Inf Andi Ariyanto menyampaikan selain upaya pencegahan terhadap penyakit malaria dan DBD, pengasapan yang dilakukan di rumah-rumah warga ini bertujuan membantu kesulitan masyarakat Distrik Aifat di bidang kesehatan.

“Dengan adanya pengasapan, maka masyarakat, Koramil, dan Polsek di Distrik Aifat dapat terhindar dari wabah penyakit malaria dan DBD," ucap dia.

Kapolres Maybrat AKBP Gleen Rooi Molle mengapresiasi pengasapan yang dilakukan anggota Pos Satgas Satuan Yonif Raider Khusus 136/TS.

Kapolres berharap kegiatan itu sebagai langkah awal kerja sama dalam membantu pembangunan dan keamanan di Distrik Aifat di Kampung Kumurkek.

“Semoga pengasapan ini bisa membangun erat sinergi antara TNI-Polri ke depannya,” kata dia. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Filep Wamafma Ingatkan Mendagri Soal Ini Terkait Penunjukan Karteker di Papua Barat


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler