Lima Eks Asian Games Dipanggil

Senin, 15 Desember 2014 – 05:04 WIB
Aji Santoso. Foto: Guntur Aga/dok.JPNN

jpnn.com - TRAINING center (TC) tim nasional (timnas) U-23 kedua akan digelar di Jakarta mulai Rabu lusa (17/12).

Namun, sampai kemarin, belum ada pengumuman resmi siapa saja pemain yang dipanggil Badan Tim Nasional (BTN) untuk mengikuti pemusatan latihan tim yang dipersiapkan buat kualifikasi Piala AFC U-23 dan SEA Games tahun depan tersebut.

BACA JUGA: Persija Mulai Latihan, Serangkaian Uji Coba Menunggu

Meski demikian, tim pelatih mengakui akan beberapa wajah lama bakal masuk dalam TC yang diikuti 30 pemain. Pelatih Aji Santoso menyebut, ada lima nama eks timnas U-23 untuk Asian Games 2014 yang akan dipanggil. "Kami sudah mulai tahap mencari kerangka tim," katanya kepada Jawa Pos kemarin (14/12).

Lima pemain eks skuad Asian Games 2014 yang juga ditangani Aji itu adalah Teguh Amirudin, Alfin Tuasalamony, Manahati Lestussen, Saiful Indra Cahya, dan M Zaenuri. Mereka dinilai memiliki pengalaman dan performa apik baik saat diseleksi maupun setelah terpanggil di tim Asian Games lalu.

BACA JUGA: Jika Rodgers Out, Klopp Masuk

Pemanggilan kelima pemain tersebut, menurut Aji, bisa menjadi penyeimbang. Sehingga tim nantinya terisi wajah baru sekaligus mereka yang sudah punya jam terbang.

"Ini kombinasi, karena uji coba lawan Qatar (bulan depan) ini juga serius. Kami tidak mungkin memakai pemain yang baru saja bergabung, perlu ada perpaduan pemain lama dan baru," tutur pelatih 43 tahun tersebut.

BACA JUGA: Dihancurkan MU, Liverpool Samai Rekor Buruk 49 Tahun Lalu

Selain kelima pemain lama itu, Aji juga memberikan kesempatan kepada dua pemain yang belum lama diseleksi pada TC gelombang pertama. Mereka adalah eks pemain U-19, Gavin Kwan Adsit dan Ryuji Utomo.

Keduanya memang sempat berlatih bersama, tapi baru bergabung pada 5 Desember setelah sebelumnya menjalani trial di J-League atau Liga Jepang. Karena baru memantau dalam dua hari, Aji merasa tim pelatih harus memantau mereka lebih lama.

"Nanti Gavin dan Ryuji dipanggil lagi TC. Mereka masuk dalam daftar 30 nama yang akan dipanggil," terang mantan kapten timnas di era 1990 sampai 2000-an tersebut.
 
Sayang, saat diminta menyebutkan nama-nama pemain lain yang terpanggil, Aji enggan membocorkan. Dia menyebut bahwa pengumuman itu menjadi wewenang dari (BTN).

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Gavin mengaku belum mendapatkan surat resmi pemanggilan. Tapi, dia telah mendengar dari beberapa kalangan sepak bola yang dia kenal.

Sadar kalau dia belum total dipantau di TC perdana, pemain 19 tahun itu bertekad memaksimalkan kesempatan di TC kedua kelak. "Saya terima kasih kalau diberi kesempatan lagi. Mudah-mudahan saya menjadi bagian timnas U-23," kata Gavin.

Dari 30 nama yang dipanggil untuk berlatih bersama di TC kedua ini, hanya 20 di antaranya yang akan dibawa beruji coba ke Australia. Salah satunya melawan timnas senior Qatar yang tengah bersiap mengikuti putaran final Piala Asia di Negeri Kanguru tersebut. (aam/ttg)
 

Alfin Tuasalamony
Posisi: Bek kanan/kiri (inti)
Menit bermain di Asian Games: 270 menit (3 laga)

Saiful Indra Cahya
Posisi: Bek kanan/kiri (cadangan)
Menit bermain di Asian Games: 90 menit (1 laga)

Manahati Lestussen
Posisi: Bek/gelandang  (inti)
Menit bermain di Asian Games: 270 menit (3 laga)

Teguh Amirudin
Posisi: penjaga gawang (cadangan)
Menit bermain di Asian Games: 90 menit (1 laga)

M Zaenuri
Posisi: Bek tengah (cadangan)
Menit bermain di Asian Games: 45 menit (1 laga)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hancurkan Liverpool 3-0, MU Jaga Posisi Tiga Besar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler