Limabelas Parpol Usung Ide Rizal Ramli

Untuk Kampanye, Dipuji Kiemas

Jumat, 06 Maret 2009 – 10:22 WIB
BLOK PERUBAHAN- Rizal Ramli bersama perwakilan-perwakilan partai saat pertemuan blok perubahan di Jakarta,Kamis (05/03). Rizal Ramli menepis anggapan pendirian Blok Perubahan hanya untuk meramaikan perpolitikan menjelang pemilu. Blok Perubahan mempunyai cita-cita yang lebih tinggi yakni membawa kesejahteraan rakyat. Foto: Agung Rahmadiansyah/Radar Surabaya
JAKARTA- Rizal Ramli bakal capres yang diusung Blok Perubahan kian agresif memperluas jaringan dukunganMantan Menko Perekonomian pada era Gus Dur itu kemarin kembali menggalang parpol pendukung idenya

BACA JUGA: Rizal Ramli Klaim Dukungannya Bertambah


 
Belasan parpol yang tergabung di Blok Perubahan bersepakat untuk mengusung delapan agenda perubahan sebagai bahan kampanye
"Semua parpol itu akan membuat buku kecil dari materi-materi itu," kata Rizal di Hotel Crowne Plaza, Jakarta Selatan, Kamis (5/3).
 
Perwakilan parpol anggota Blok Perubahan ikut mendampingi Rizal memberikan keterangan kepada pers

BACA JUGA: Tim Kampanye Kalla Terus Bergerilya

Tampak di antara mereka Ketua Umum PPPI Daniel Hutapea dan Sekjen PNBK Zulvan Lindan.
 
Sewaktu dideklarasikan sembilan hari lalu, Blok Perubahan beranggota 12 parpol
Selain PPPI dan PNBK, parpol yang bergabung ketika itu adalah PBR, PDS, Partai Hanura, PMB, PKNU, Partai Pelopor, PPRN, PDK, Partai Kedaulatan, dan PKDI.
 
Tapi, sekarang tiga parpol lagi, yaitu Partai Sarikat Indonesia (PSI), Partai Merdeka, dan Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), ikut bergabung

BACA JUGA: Survei Gerindra Kecil, Prabowo Kecewa

Jadi, anggota Blok Perubahan menjadi 15 parpol.
 
Meski begitu, Rizal memprediksi, sekalipun semua parpol tersebut solid mendukung dirinya sebagai capres 2009, paling banter jumlah total suara yang terakumulasi 12?15 persen"Jelas ini belum cukup sebagai syarat pencapresanJadi, setelah pemilu legislatif kami membuka aliansi kedua," ujarnya.
 
Mengenai delapan agenda perubahan, komitmen yang dijanjikan Rizal dan 15 parpol adalah pendirian Bank Pertanian untuk mendorong surplus pangan yang terjangkau, pertumbuhan ekonomi di atas sepuluh persen, menaikkan batas keuntungan pengusaha kecil kena pajak dari 18 juta menjadi 60 juta, dan memacu pengembangan industri pengolahan bahan mentah.
 
Berikutnya, pembangunan jaringan kereta api trans Sumatera, trans Kalimantan, trans Sulawesi, dan trans Papua merenegosiasi utang luar negeri, mengarahkan 70 persen APBD propublik, dan mengoreksi peran BI agar mencakup penciptaan lapangan kerja.
 
"Dahlan Iskan, bosnya Jawa Pos Group itu, pernah menyarankan agar saya mematenkannya (delapan agenda), biar nggak dicontekSaya bilang saya serahkan kepada rakyat, mereka tahu mana yang asli mana yang tiruan sebatas slogan tanpa roh dan jiwa," kata Rizal.
 
Langkah progresif Rizal Ramli itu ternyata mendapat acungan jempol dari Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDIP Taufiq KiemasSuami Megawati Soekarnoputri itu mendatangi Rumah Perubahan ?markas tim sukses Rizal Ramli, di Jalan Panglima PolimDi tengah guyuran hujan deras, sekitar pukul 14.25 Kiemas menemui Rizal.
 
Tanpa sungkan-sungkan, Kiemas memuji Rizal telah memperoleh banyak kemajuan"Selama ini saya selalu ngomong, kamu (Rizal Ramli, Red) mau menjadi pemimpin enaknya saja, tidak mau ikut parpolTapi, sekarang saya lihat kemajuannya dahsyat sekaliBukan masuk satu parpolTapi, mengumpulkan beberapa parpol untuk berjuang bersama-sama," kata Kiemas.
 
"Saya jadi dapat semangat yang lebih besar," timpal Rizal, lantas tertawa(pri)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prabowo-Soetrisno Bachir Bisa Jadi Kuda Hitam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler