LinkAja Gencar Memperluas Digitalisasi Ekosistem Syariah 

Sabtu, 28 Oktober 2023 – 18:45 WIB
LinkAja Syariah ikut meramaikan gelaran pameran ekonomi dan keuangan Syariah terbesar itu diselenggarakan mulai 25 hingga 29 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - LinkAja Syariah, pelopor dompet elektronik tersertifikasi syariah yang diawasi Dewan Pengawas Syariah konsisten mendukung program inklusi keuangan syariah Indonesia.

Hal ini salah satunya melalui partisipasi aktif  dalam Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2023.

BACA JUGA: Transaksi Meningkat, MUI Meminta LinkAja Syariah Lakukan Ini

Gelaran pameran ekonomi dan keuangan Syariah terbesar itu diselenggarakan mulai 25 hingga 29 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

"Kehadiran kami pada ISEF 2023 diharapkan mampu semakin mendorong peningkatan literasi, perluasan inklusi keuangan melalui transformasi digital syariah inklusif dan menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah terkemuka di dunia, " kata Yogi Rizkian Bahar, Chief Executive Officer LinkAja, Sabtu (28/10). 

BACA JUGA: LinkAja Perkuat Transformasi Digital Ekosistem Rantai Pasok PT Indolima Perkasa

Dalam ISEF 2023 yang mengusung tema 'Accelerating Sharia Economy an Finance Through Digitalization for Inclusive and Sustainable Growth, LinkAja Syariah fokus mendorong inklusi dan literasi keuangan syariah serta memperluas digitalisasi ekosistem syariah.

Hal ini sejalan dengan arahan Wakil Presiden Ma’ruf Amin agar teknologi finansial juga dapat mendorong percepatan inklusi keuangan syariah sekaligus perluasan ekosistem ekonomi syariah yang inklusif dan berkelanjutan.

BACA JUGA: Jalin & LinkAja Perluas Implementasi QRIS Cross Border Hingga ke Malaysia

Sepanjang gelaran ISEF 2022 lalu,  LinkAja Syariah mencatatatkan pertumbuhan transaksi di merchant partisipan sebesar 6 persen, dan pengguna baru meningkat sebesar 270 persen dibandingkan ISEF sebelumnya (2021). 

Tahun ini, pihaknya optimis dapat membantu para mitra UMKM yang tergabung dalam gelaran ISEF  meraih peningkatan transaksi dan me pendaftaran pengguna baru yang lebih besar dibandingkan pencapaian sebelumnya. 

"Transaksi ZISWAF di LinkAja Syariah secara keseluruhan juga mengalami pertumbuhan sebesar 41 persen di semester pertama 2023 dibandingkan semester sebelumnya," lanjut Yogi.

Pada gelaran tahun ini, LinkAja Syariah kembali menjadi satu-satunya platform uang elektronik yang menyediakan fasilitas pembayaran QRIS kepada UMKM yang berpartisipasi. LinkAja Syariah juga hadir untuk mengenalkan ke publik layanan dan solusi yang dihadirkan LinkAja Syariah, tetapi tetap mengikuti kaidah-kaidah syariah.

"Tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh konsumen perorangan, LinkAja Syariah pun dapat digunakan oleh Badan Hukum (Badan Usaha, Organisasi, dan lainnya) sebagai fasilitas penyaluran dana atau manfaat tepat guna dan tepat sasaran, " tuturnya. 

Pengunjung ISEF 2023 pun dapat menyampaikan donasi pakaian bekas layak pakai melalui booth LinkAja Syariah dan akan disalurkan bersama RumahZakat kepada masyarakat membutuhkan.

Terkini, dengan metriks kinerja yang terus menguat semester pertama 2023 LinkAja Syariah mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 23 persen.

Adanya kenaikan kualitas pengguna terlihat dari peningkatan pendapatan LinkAja Syariah per pengguna atau Average Revenue per User (ARPU) sebesar lebih dari 74 persen di September 2023 dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Hal itu menjadikan LinkAja sebagai penyedia layanan keuangan syariah yang berkelanjutan dan berperan aktif memudahkan transaksi berbasis syariah  bagi masyarakat, serta mendukung lebih dari 100 ribu industri halal dan merchant halal di berbagai sektor, seperti makanan halal, fashion muslim, pendidikan islam, wisata halal, dan lain-lain. (esy/jpnn.com)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler