Lion Air Memang Raja Delay

Kamis, 19 Februari 2015 – 23:30 WIB
Lion Air Memang Raja Delay. Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Melayani lonjakan penumpang dalam rangka hari Imlek dan akhir pekan membuat jadwal penerbangan Lion Air berantakan. Setidaknya, sebanyak 14 rute penerbangan maskapai milik Rusdi Kirana itu tertunda (delay). Delay itu bahkan sampai keesokan harinya sejak Rabu (18/02) dan berpotensi berlanjut sampai hari ini (20/02).

Direktur Lion Air, Edward Sirait mengatakan, jadwal penerbangan terganggu dipicu tiga pesawat yang mengalami gangguan sehingga dinilai tidak layak terbang pada Rabu (18/02).

BACA JUGA: AP II Desak Lion Air Bayar Kompensasi pada Penumpang

Dua pesawat terganggu berada di Jakarta (bandara Soekarno Hatta) dan satu pesawat di Semarang (bandara Ahmad Yani). "Yang di Jakarta itu kerusakannya belum bisa saya sebut detilnya bagaimana yang pasti pilot dan teknisi menyatakan tidak layak terbang," kata dia kepada Jawa Pos (induk JPNN), kemarin.

Sementara, satu pesawat di Semarang tidak layak terbang karena mengalami retak pada salah satu jendela. "Indikator kuatnya (kaca retak) karena kena burung. Tapi kita tidak tahu kejadiannya di mana. Hanya ketahuan pas di Semarang," ucap Edo, sapaan akrabnya.

BACA JUGA: Diduga Nabrak Burung, Lion Air Delay Berantai

Kerusakan tiga pesawat itu langsung berdampak pada enam jadwal penerbangan dimulai dari bandara Soekarno Hatta dengan beberapa tujuan. Dua jadwal penerbangan Jakarta " Surabaya, dua jadwal Jakarta " Jambi, dan dua jadwal Jakarta " Lombok. Namun kemudian berdampak ke sejumlah penerbangan lainnya termasuk ke Denpasar.

Staf Khusus Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hadi M Djuraid mengatakan, pihaknya telah menerjunkan pejabat untuk menemui para penumpang dan mencari kejelasan akan kasus yang terjadi.

BACA JUGA: Telantarkan Ratusan Penumpang, Lion Air Sediakan 4 Pesawat

Hadi mengakui, kejadian serupa memang sudah sering terjadi. Namun yang lebih disesalkan adalah terlambatnya respon dari pihak manajemen Lion Air. Padahal, kata dia, memberikan informasi kepada penumpang merupakan hal sangat penting. "Apakah mereka (penumpang) harus menunggu perbaikan atau akan dipindahkan dengan pesawat lainnya?" tegasnya. (gen/mia/jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemenhub: ada Enam Pesawat Lion Air yang Delay


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler