Livoli 2018: Alko Kalah, Bank Jatim ke Semifinal

Jumat, 02 November 2018 – 03:17 WIB
Ilustrasi pertandingan bola voli. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, MAGETAN - Meski menurunkan pemain bintangnya, Aprilia Manganang, tim putri Alko Bandung gagal memetik kemenangan atas TNI AU.

Alko kalah 0-3 (21-25, 19-25, 17-25) pada hari ketiga Kejuaraan PGN Livoli (Liga Voli Indonesia) 2018, di GOR Ki Mageti, Magetan, Selasa (30/10).

BACA JUGA: Livoli Divisi Utama 2018: Bertabur Bintang Asian Games

Sebelumnya, Alko juga menderita kekalah 0-3 saat laga melawan Badak LNG Bontang (29/10). Akibat dua kekalahan itu membuat tim asal Kota Kembang Bandung itu gagal iuntuk maju ke semifinal.

Apalagi jika kalah dari Bank Jatim, Rabu (31/10) maka dipastikan Alko berada di peringkat juru kunci Pul P.

BACA JUGA: Tolong Dong, Syahrini Mau Nonton Final Voli Asian Games

Menang pun dari Bank Jatim, tim asuhan Zoelni Hilnanda ini berada di zona degradasi karena baru sekali menang, sementara LNG Bontang dan TNI AU akan berebut satu kemenangan untuk lolos ke semifinal mendampingi Bank Jatim yang sudah lebih dulu lolos.

"Meskipun ada Aprilia Manganang, tetap tidak bisa mengangkat. Karena hanya seorang April," kata pelatih Alko, Zoelni Hilnanda usai pertandingan.

Menurutnya, kehadiran April dalam tim bisa menaikkan performa tim, asalkan diimbangi seter yang bagus. "Toser kami yang turun sekarang, Amadea Febriani masih kurang pengalaman," tutur Zoeni.

Sementara pelatih TNI AU, Wilfirdus Wahyu mengaku sempat terkejut dengan tampilnya Aprilia Manganang. Karena pertandingan sebelumnya pada laga pertama Alko saat melawan LNG Bontang, April belum tampil. "Beruntung kami bisa menang," ujar Wahyu.

Sementara itu, Juara bertahan putri, Bank Jatim dipastikan maju ke semifinal Kejuaraan PGN Livoli (Liga Voli Indonesia) 2018 setelah menundukkan tim promosi Badak LNG Bontang 3-0 (25-14, 25-21, 25-21).

Tim besutan pelatih M. Ansori itu hanya tinggal menyisakan satu laga di Pul P menghadapi Alko Bandung (31/10). Jika menang dari Alko maka tim putri asal Surabaya itu menjadi juara Pul.

Sebelumnya, Rianita Panirwan dkk itu sudah mengantongi satu kemenangan yakni dari TNI AU dengan skor 3-0. Seandainya pun kalah dari Alko Bank Jatim tetap lolos ?e semifinal.

Pelatih Bank Jatim, M. Ansori optimis tim asuhannya bisa menjuarai Pul P. "Saya optimis kita juara pul. Kemenangan 3-0 dua kali sudah menjadi bekal untuk juara pul," ujar pelatih nasional putri pada ajang Asian Games 2018 Jakarta lalu.

Mengomentari penampilan anak asuhnya menghadapi Badak LNG Bontang, Ansori mengatakan kalau timnya bermain menekan pada set pertama. "Setelah itu set kedua dan ketiga anak-anak sudah bisa membaca permainan lawan," tutur Ansori.

Sementara itu, asisten pelatih Badak LNG Bontang, Munawar mengakui kalau Amasya Manganang dkk sulit mengembangkan permainan mengingat tim lawan banyak bermaterikan pemain nasional seperti Asih Titi Pangestuti, Novia Andrianti, Yolana Betha Pangestika, dan Megawati Hangestri Pertiwi.

Meski begitu, tim yang disiapkan dalam waktu singkat ini bisa memberikan perlawanan. "Terutama pada waktu set kedua, sempat mengimbangi permainan Bank Jatim. Tapi yah masalah mental," tukasnya.

Badak LNG Bontang masih memiliki peluang maju ke semifinal. Jika menang melawan TNI AU, Rabu (31/10), Agustin Wulandari dkk bisa lanjut tampil di semifinal.

Di bagian putra, Indomaret Sidoarjo dipastikan melangkah ke babak semifinal setelah Selasa (30/10) mengungguli Yuso Yogyakarta 3-1 (22-25, 25-23, 25-20, 25-22). Ini merupakan kemenangan kedua Hernanda Zulfi dkk. Sebelumnya mereka menang dari Bina Cijaura Kab. Bogor 3-0 dan kalah dari Samator pada hari perdana kejuaraan tahunan ini.

Bagi Yuso Yogyakarta, kekalahan kedua di Pul A menempatkan klub itu di zona degradasi atau memperebutkan posisi kelima hingga delapan bersama Bina Cijaura Kab. Bogor. Kedua klub itu akan bertemu Rabu (31/10) untuk berebut posisi ketiga Pul A.

Pelatih Indomaret, Iwan Dedi Setiawan bersyukur tim asuhannya bisa lolos ke semifinal mendampingi Samator. Sedangkan pelatih Yuso, Marjoko Sigit mengatakan akan berusaha agar tidak terdegradasi ke divisi satu.(bam)


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler