LKPI: Responden Tidak Puas Kinerja Petahana Kota Bekasi Lebih Memilih Kemal Hendrayadi

Minggu, 11 Agustus 2024 – 20:51 WIB
LKPI merilis hasil survei Pilwalkot Bekasi yang menunjukkan akseptabilitas dan kapabilitas nama Brigjen Kemal Hendrayadi di posisi teratas . Ilustrasi Pilkada. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jpnn.com, KOTA BEKASI - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) Togu Lubis mengatakan berdasarkan hasil survei tingkat akseptabilitas dan kapabilitas nama Brigadir Jenderal TNI Kemal Hendrayadi di posisi teratas sebagai bakal calon Wali Kota Bekasi.

Kemal diterima dan dinilai mampu menjadi Wali Kota Bekasi oleh 70,3 persen responden, disusul oleh Tri Adhianto 54,8 persen, Heri Koswara 48,6 persen, Mochtar Mohammad 41,6 persen, dan nama lainnya di bawah 40 persen.

BACA JUGA: Survei: Poltikus Senior Berpeluang Menang di Pilwalkot Bekasi

"Tujuan survei Kota Bekasi tentang persepsi masyarakat terkait pemimpin masa depan menjelang Pilkada 2024, yakni memotret karakteristik pemilih, kriteria tokoh dan tingkat keterpilihan para bakal calon Wali Kota Bekasi," kata Togu dalam keterangannya, Minggu (11/8).

Sementara itu, berdasarkan top of mind responden jika Pilkada Kota Bekasi digelar hari ini, tingkat keterpilihan Brigadir Jenderal TNI Kemal Hendrayadi mencapai 21,4 persen.

BACA JUGA: Terinspirasi Tri Sakti Bung Karno, M2 Siap Maju Pilkada Kota Bekasi

"Disusul Tri Adhianto sebanyak 20,9 persen, Heri Koswara sebanyak 11,3 persen, Kusnanto Saidi 10,8 persen, Mochtar Mohammad 6,1 persen, Ade Puspitasari 5,3 persen, Sigit Purnomo 3,6 persen, Abdul Rozak dengan 2,3 persen, nama lainnya dipilih di bawah dua persen, dan tidak memilih 9,7 persen," kata Togu.

Selanjutnya, LKPI mengerucutkan pilihan responden dan melakukan uji tingkat keterpilihan bakal calon Wali Kota Bekasi dengan uji simulasi 3 nama bakal calon Wali Kota Bekasi, tingkat elektabilitas Brigadir Jenderal TNI Kemal Hendrayadi di angka 34,8 persen disusul Tri Adhianto 33,1 persen, dan Heri Koswara 16,2 persen, dan ada 15,9 persen responden belum memilih.

BACA JUGA: PAN Akan Usung Pasha Ungu Maju di Pilkada Kota Bekasi

Ketika dilakukan simulasi head to head dengan Tri Adhianto, keunggulan elektabilitas juga masih dimiliki oleh Brigjen Kemal Hendrayadi dengan dipilih sebanyak 46,7 persen, petahana 43,6 persen, dan responden yang tidak memilih sebanyak 9,7 persen.

LKPI juga melakukan simulasi terhadap tiga bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bekasi hasilnya paslon Kemal Hendrayadi- Sugiharto dipilih sebanyak 32,1 persen kemudian Tri Adhianto -Nofel Saleh Hilabi dipilih sebanyak 29,6 persen, Heri Koswara - Sholihin dipilih sebanyak 21,7 persen, tidak tahu/tidak menjawab 16,6 persen.

LKPI juga melakukan survei tentang kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Bekasi yang dipimpin Wali Kota Rahmat Effendi dan wakilnya Tri Adhianto.

Survei menunjukkan 58,8 persen masyarakat Kota Bekasi tidak puas dan 41,2 persen menyatakan puas hasil kinerja Rahmat Effendi dan wakilnya Tri Adhianto.

Survei ini dilakukan LKPI kali kedua untuk kota Bekasi sebelum Mei 2024, dengan menghimpun persepsi masyarakat Kota Bekasi terhadap konstestasi pemilihan Kepala Daerah Kota Bekasi yang akan berlangsung pada November 2024 .

Survei dilakukan pada  1-8 Agustus 2024 dengan sampel sebanyak 1.800 responden yang telah memiliki hak pilih di Kota Bekasi.

Metode survei dilakukan secara acak dengan margin of error 2,31 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (mcr10/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler