Lomba Pidato Bahasa Inggris 2024 Tingkat Nasional Masuk Babak 60 Besar

Minggu, 14 Juli 2024 – 12:18 WIB
Lomba pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024. Foto: ppkl.menlhk.go.id

jpnn.com - JAKARTA – Lomba pidato Bahasa Inggris 2024 Tingkat Nasional bertema lingkungan hidup telah memasuki babak 60 besar.

Lomba pidato Bahasa Inggris tingkat SLTA ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Ditjen PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

BACA JUGA: Pak Ganjar Gelar Lomba Pidato ala Bung Karno, Ikut Yuk

Dikutip dari situs resmi Ditjen PPKL, jumlah peserta sebanyak 794 siswa dari 498 sekolah SMA, Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seluruh Indonesia. Satu sekolah dapat mendaftarkan lima peserta saat pendaftaran.

Dari 794 peserta, sudah dilakukan seleksi dan tersaring menjadi 60 orang yang berasal dari sekolah SMA/sederajat negeri dan swasta dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Peringati Hari Pancasila, PDIP Kaltara Gelar Lomba Pidato ala Bung Karno

Antara lain, SMAN 1 Sukabumi, SMA Unggul Del, SMAN 11 Semarang, SMAN 2 Balige, MAN Insan Cendekia OKI, SMAK Yos Sudarso Batam, SMA Pribadi Depok, MAN 1 Lubuklinggau, SMA Islam Al Azhar 4 Kemang Pratama Bekasi.

Selain itu, SMA Negeri 1 Manokwari, SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo, SMA Pradita Dirgantara, SMA Trensains Tebuireng. SMAN 2 Bandar Lampung, MAS Ulumul Quran Kota Banda Aceh.

BACA JUGA: Peduli Lingkungan Sekitar, DLHK Palembang Luncurkan Aplikasi Sipeduli

Dari Jakarta, antara lain SMAN 96 Jakarta, SMAN 35 Jakarta, SMA Santa Ursula Jakarta, SMAN 87 Jakarta, dan ada beberapa lainnya.

Dari 60 peserta, nantinya disaring lagi menjadi 20 orang, yang seleksinya akan dilakukan pada 27 Juli 2024 mendatang.

Pihak Panitia Lomba Pidato Bahasa Inggris 2024 Tingkat Nasional untuk pelajar SMA/sederajat menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini.

Pertama, pelibatan dengan menciptakan influence experience bagi generasi muda untuk terlibat langsung dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup sejak awal sekaligus menjawab kondisi faktual dan tantangan pemulihan lingkungan hidup di Indonesia.

“Kedua, melatih siswa agar terbiasa menyampaikan pendapat dengan baik, serta berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif dan bersikap sportif.”

Ketiga, memotret pemahaman dan kesadaran generasi muda dalam memahami isu lingkungan di level nasional dan global, serta tantangan pelestarian lingkungan berkelanjutan.

Keempat, menjaring ide, gagasan, aksi, dan solusi generasi muda untuk berpartisipasi dalam penyelesaian masalah triple planetary crisis.

Nantinya, para juara Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 bertema lingkungan ini akan menerima trofi untuk sekolah dan sertifikat kepada pemenang.

Selain itu, para juara Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 ini akan menerima hadiah uang yang totalnya mencapai Rp 16 juta. (sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler