Longsor, Jalinsum Sosopan Putus Total

Jumat, 07 Desember 2018 – 22:59 WIB
Jalinsum Sosopan di Desa Hulim-Ulu Aer putus total pada Kamis (6/12) lalu. Foto: metrotabagsel/jpg

jpnn.com, PALAS - Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sosopan di Desa Hulim-Ulu Aer, Palas, Sumut, kembali putus total pada Kamis (6/12) lalu.

Jalur ini sama sekali tidak bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat dari kedua arah karena badan jalan putus akibat longsor.

BACA JUGA: Longsor di Sibayak, 7 Mahasiswa Tewas dan 9 Terluka

Para pengguna jalan terpaksa melewati alternatif jalan via Binanga-Gunung Tua.

Berdasarkan pengamatan Metro Tabagsel (Jawa Pos Group), badan jalan berkisar 20 meter itu jatuh amblas. Hujan lebat hingga menggerus jalan diduga penyebab longsornya badan jalan.

BACA JUGA: Kendaraan Besar Dilarang Lewat Jalur Puncak!

Saat hujan lebat pada Rabu (5/12) petang, awalnya badan jalan hanya amblas setengahnya saja.

Warga yang berlalu lalang masih bisa menggunakan jalan.

BACA JUGA: Diguyur Hujan Deras, Kawasan Pasar Rebo Longsor

Namun hingga Kamis siang badan jalan sepanjang 20 meter benar-benar amblas hingga kedalaman 7-8 meter. “Pagi (Kamis) masih bisa lewat karena baru setengahnya saja yang jatuh (longsor). Baru siang tadi amblas. Tak bisa lagi lewat,” terang Camat Sosopan Paruhuman Harahap disela meninjau kondisi jalan.

Diketahui, jalan provinsi ini merupakan jalur baru yang dibangun melalui dana APBN tahun 2016 lalu. Sedang jalan lama yang berada dibawah jalan ini sedang tahap perbaikan. “Dari bawah pun tak bisa, karena masih pengerjaan,” tukas Camat.

Mengatasi ini untuk sementara pihak Muspika telah berkordinasi dengan warga yang memiliki lahan disebelah jalan longsor tersebut.

Dengan harapan memakai lahan warga untuk membuat jalan alternatif. Disamping penanganan darurat jalan yang amblas itu.

“Supaya bisa dilalui saja dulu. Selama perbaikan jalan ini,” tegas Danramil 07 Sosopan Kapt Inf Syafarudin Hasibuan yang bersama-sama Iptu Eka Wahyudi, pihak Polsek dan kecamatan dan BPBD memantau jalan tersebut.

Langkah ini, secepat mungkin dilaksanakan mengingat jalan ini sebagai akses vital warga. Terlebih bagi pengguna jalan yang hendak dari dan menuju Sibuhuan-Pekan Baru.

“Alat kita akan standby untuk perbaikan ini secepatnya,” kata Heri, mewakili pihak Dinas PU Pemkab Palas di lokasi jalan amblas.
Pihak-pihak terkait seperti BPBD, Camat, Danramil, Kapolsek, Dinas PU langsung saling kordinasi. Dipastikan perbaikan jalan amblas ini akan dilaksanakan secepatnya. (tn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hujan Lebat hingga 5 hari, Waspada Potensi Banjir & Longsor


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler