Lonjakan Penumpang di Merak Diprediksi Hari Ini

Minggu, 29 Desember 2013 – 06:27 WIB
Lonjakan penumpang di Merak diperkirakan terjadi hari ini. Foto: JPNN.com

PULOMERAK – Jumlah penumpang bus di Terminal Terpadu Merak (TTM) selama libur Natal dan Tahun Baru terus melonjak. Berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon, sampai kemarin, jumlah penumpang naik sebanyak 20 persen. Untuk kedatangan bus yang di TTTM sebanyak 409 unit dengan penumpang 3.718 orang. Sementara keberangkatan bus 357 unit dan penumpang naik dengan jumlah 2.410 orang.
    
Kepala Dishub Kota Cilegon Dana Sujaksani mengatakan, kenaikan jumlah penumpang bus sudah terjadi sejak akhir pekan lalu sebelum perayaan Natal. “Kenaikan jumlah penumpang ini sebenarnya masih dalam batas kewajaran karena banyak di antara pegawai yang mengambil cuti bersama di akhir tahun. Semuanya masih bisa kita atasi, baik dari sisi moda transportasi maupun para petugas,” kata Dana, Sabtu (28/12).

Setelah mengamankan angkutan Natal, kini Dishub tengah mempersiapkan jalur transportasi pada malam pergantian tahun. Menurut Dana, pihaknya akan menerjunkan 102 personel pada malam tahun baru untuk membantu aparat kepolisian mengatur lalu lintas. “Kami akan sebar anggota kami mulai dari Terminal Seruni, Perempatan PCI, depan Ramayana, depan Masjid Agung, Simpang Tiga, Ciwandan, hingga Merak,” katanya.

BACA JUGA: Pantura Lumpuh Dua Jam

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) TTM Irawansyah mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi adanya kenaikan penumpang di TTM. “Sebelumnya sudah kami perkirakan bakal ada lonjakan penumpang, tapi kami bersyukur tidak sampai terjadi penumpukan. Ini semua berkat kesigapan dan kedisiplinan awak bus dan para petugas,” katanya.

Dia memperkirakan lonjakan penumpang akan terus terjadi 1 Januari 2014 dan akhir pekan depan. “Prediksi kami besok, Minggu (29/12), akan terjadi lonjakan penumpang signifikan baik yang datang maupun yang berangkat dari TTM. Semuanya sudah kami antisipasi melalui operasi pengamanan sejak 24 Desember 2013 sampai 1 januari 2014,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kapolres Pusing Ditanya Soal Kecelakaan Maut Probolinggo

Keramaian tak hanya di TTM. Di Pelabuhan Merak pun arus penumpang terus mengalami peningkatkan. Data ASDP Merak, Sabtu (28/12), penumpang pejalan kaki yang diseberangkan ke Pulau Sumatera mencapai 4.900 orang, sepeda motor 1.054 unit, serta mobil pribadi yang mencapai 3.297 unit. “Untuk hari ini kenaikan paling tinggi terjadi pada kendaraan pribadi, biasanya 1.500 unit menjadi lebih dari 3.000 unit,” katanya.

Menurutnya, selama Operasi Angkutan Natal dan Tahun Baru, PT ASDP menyiagakan 33 kapal roll on-roll off (ro-ro). Namun karena keterbatasan dermaga, pihaknya hanya mengoperasikan 27 unit kapal, sementara yang lainnya ada yang diistirahatkan, serta kapal lainnya mengalami kerusakan sehingga tidak dapat dioperasikan. Mario memperkirakan, kepadatan penumpang kapal masih terus terjadi hingga pekan depan. “Kami sudah mempersiapkan posko di areal pelabuhan. Mudah-mudahan cuaca terus membaik,” katanya. (ibm/del)

BACA JUGA: Kecelakaan Maut di Probolinggo, Pantura Lumpuh Dua Jam

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kamar RSUD Tongas Dipenuhi Mayat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler