Lorenzo Pole, Namun Pedrosa Lebih Konsisten

Minggu, 21 Oktober 2012 – 07:34 WIB
Dani Pedrosa. Foto: Getty Images
SEPANG - Dua kali pole position, dua kali pula hanya berada di posisi kedua. Itulah raihan Jorge Lorenzo dalam dua lomba terakhir. Dia selalu kalah dari Dani Pedrosa yang merupakan pesaing terdekatnya dalam perebutan gelar juara dunia.
   
Dalam kualifikasi MotoGP Malaysia di Sirkuti Sepang, Sabtu (20/10), Lorenzo lagi-lagi berhasil merebut pole position. pembalap Yamaha Factory Racing itu membukukan catatan waktu tercepat 2 menit 0,334 detik. Pedrosa yang mendominasi catatan waktu tercepat selama latihan, akhirnya harus puas start dari urutan kedua dengan selisih waktu 0,194 detik.
   
Itu menjadi pole position nomor tujuh bagi Lorenzo di musim 2012. Namun, catatan pole itu seakan tak memberikan hasil positif bagi Lorenzo. Dari enam pole sebelumnya, dia hanya menang satu kali. Itu pun terjadi di seri perdana yang berlangsung di Qatar enam bulan lalu.
   
Meski hanya butuh selalu finis ketiga untuk mengamankan gelar juara dunia, Lorenzo menyatakan ingin merebut kemenangan di Malaysia. Namun, seperti dua seri sebelumnya, pembalap asal Spanyol itu tidak akan terlalu memaksakan diri untuk naik podium teratas jika memang kecepatan motornya kalah dari para pesaing.
    
"Meraih pole selalu menyenangkan. Kami sangat menginginkan kemenangan. Masih ada sedikit pekerjaan yang harus kami lakukan untuk mendapatkan setting sempurna saat balapan," tutur Lorenzo saat jumpa pers di Sirkuit Sepang kemarin.
     
Melihat bagaimana Lorenzo membukukan waktu tercepat di saat-saat akhir kualifikasi, bisa jadi "kutukan" pole masih membayangi juara dunia 2010 itu. Dia juga terbantu dengan penggunaan ban baru pada percobaan terakhirnya. Artinya, besar kemungkinan long run Pedrosa yang sempat mendominasi catatan waktu tercepat lebih baik.
     
"Memang, kami terbantu dengan penggunaan ban baru menjelang berakhirnya sesi untuk merebut pole position. Selain itu, setingan juga semakin sempurna," beber Lorenzo.
    
Itu seperti terjadi di MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi. Saat itu, Lorenzo yang memulai lomba dari pole position sempat memimpin sampai petengahan perlombaan. Namun,  ketika disalip Pedrosa, dia tidak bisa lagi mengejar. Lorenzo pun finis kedua dengan gap 4 detik dari Pedrosa.
   
Secara umum sesi kualifikasi berlangsung dalam suhu lintasan yang tak terlalu tinggi. Cuaca Sepang berawan. Beberapa jam sebelumnya hujan juga sempat mengguyur lintasan.
   
Kondisi tersebut nyaris sama dengan yang terjadi tahun lalu. Dua sesi latihan di hari Jumat diganggu hujan, kemudian kualifikasi di bawah cuaca berawan. Namun, saat balapan yang menurut jadwal yang berlangsung pukul 16.00 waktu setempat, cuaca cerah.
   
Kondisi tersebut coba diantisipasi oleh tim-tim MotoGP. Cuaca yang tak menentu tersebut menjadi tantangan bagi mereka untuk mendapatkan setting terbaik di tiap sesi. Namun, untuk balapan hari ini, semua sepakat ingin berlangsung dalam kondisi cerah.
   
"Tunggu dan lihat hingga siang besok, kami berharap cuaca lebih baik. Sambil memperbaiki beberapa gangguan chattering di belakang," kata Pedrosa.
   
Harapan untuk balapan di cuaca yang baik juga diutarakan Dovizioso yang kemarin berhasil merebut posisi start ketiga. Dia menjadi salah satu kuda hitam untuk naik podium dalam lomba hari ini. Menurutnya, kecepatan yang sudah didapatkan motornya sejak sesi latihan, tak akan banyak berarti jika cuaca Sepang tak mendukung.
   
"Sepanjang akhir pekan kami meraih peningkatan yang bagus. Dengan cuaca yang baik, kami masih bisa lebih baik saat balapan," beber Dovizioso. (ady/ang)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Aremania Banyuwangi Dukung Merger

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler