Loyo Jelang El Clasico

Selasa, 21 Agustus 2012 – 06:41 WIB
MADRID - Dua hasil berbeda diraih dua raksasa Spanyol saat melakoni laga perdana di Primera Division musim ini.  Barcelona yang menjamu Real Sociedad di Nou Camp memetik kemenangan telak 5-1 (4-1).  Sebaliknya, Real Madrid hanya bisa bermain seri 1-1 (1-1) dengan Valencia di Santiago Bernabeu kemarin dini hari WIB. 

Memang, hasil ini belum mempengaruhi peta persaingan di Primera Division musim 2012-2013 lantaran kompetisi baru bergulir.  Tapi, bagi Real dan Barca, hasil tersebut jelas mempengaruhi psikologis pemain yang akan melakoni el clasico atau duel klasik jilid pertama musim ini.  Ya, Kamis atau Jumat dini hari mendatang WIB (24/8), kedua tim akan melakoni bentrok pada leg pertama Piala Super Spanyol.  Di mana, pada leg pertama Barcelona bertindak sebagai tuan rumah.

Status tuan rumah plus kemenangan telak di pekan pertama tentu menumbuhkan motivasi berlipat ganda bagi penggawa Barca. Sebaliknya, hasil kurang maksimal di pekan pertama dikhawatirkan akan membuat Real tampil loyo di el clasico.

Terlebih, saat melawat ke Nou Camp nanti Real terancam kehilangan bek tanggu Pepe.  Bek timnas Portugal itu mengalami cedera kepala setelah bertubrukan dengan Iker Casillas ketika menghalau bola sepak pojok di menit ke-42.  Insiden itu tak hanya mengakibatkan Pepe terkapar di lapangan dengan kepala yang berdarah.  Namun juga berbuah gol yang dilesakkan Jonas setelah memanfaatkan bola liar di depan gawang. Sebelum gol Jonas, Real lebih dulu unggul lewat Gonzalo Higuain pada menit ke-10. Pepe langsung dilarikan ke rumah sakit setelah insiden tersebut.  Tim medis menyatakan tak ada indikasi geger otak.  Meski demikian, kubu Real tetap menunggu kondisi terkini Pepe.

"Saya lebih mencemaskan kondisi Pepe ketimbang laga Piala Super. Itu (Piala Super) hanya sebuah seremonial, sementara saya ingin pemainku dalam kondisi fit," cetus Jose Mourinho, entrenador Real kepada Goal. 

Mourinho mengakui, dia dan pemainnya merasa frustrasi lantaran banyak peluang yang berhasil digagalkan barisan pertahanan Valencia.  Total, Real melepaskan 24 tembakan ke gawang. Tapi, kiper Diego Alves tampil gemilang mematahkan peluang Real.

"Saya mengharapkan lebih dari tim ini.  Musim lalu, kiper (Vicente) Guita membuat kami bermain imbang melawan Valencia.  Sekarang Diego Alves.  Dia yang terbaik dalam laga ini," keluh Mourinho.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo yang kemarin tampil d bawah standar menilai timnya memang belum mencapai kondisi terbaik. "Ini hal yang normal, dan seperti biasanya kami selalu berusaha meningkatkan permainan dan menghadirkan yang terbaik," kata Ronaldo.

"Sangat disayangkan Valencia bisa mencetak gol. Kami juga menciptakan sejumlah peluang emas.  Namun, sepak bola bukan hanya peluang," ujarnya. (bas)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Nasri Selamatkan Muka City

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler