LPAI Minta Foto Wajah Pelaku Pedofilia Disebarluaskan

Minggu, 05 Maret 2017 – 23:09 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - jpnn.com - ‎Masih banyaknya kasus pedofilia, menimbulkan keprihatinan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI). Mereka menyarankan wajah tersangka (TSK) perlu disebarluaskan untuk membantu masyarakat mengidentifikasi kemungkinan TSK pernah berinteraksi dengan anak-anak lainnya. 

Sebab, bisa jadi menurut Reza Indragiri Amriel, dari LPAI, TSK bagian dari jaringan pedofili internasional.

BACA JUGA: Bejat! Bule Italia Diduga Cabuli 100 Bocah di Lombok

"Saya sih khawatirnya dia bagian dari jaringan pedofil internasional. Kalau begitu modusnya pasti canggih," kata Reza, Minggu (5/3).

Dalam banyak kasus sejenis, pelaku bikin catatan rinci tentang nama korban, lokasi, dan waktu kejadian. Karena itu, polisi perlu geledah rumah dan komputernya. Medsosnya juga perlu diretas agar bisa terlacak jaringannya.

BACA JUGA: UNICEF Apresiasi Sistem Perlindungan Anak Indonesia

"Akankah si pedofil laknat dipulangkan ke negara asalnya? Semoga kasusnya dituntaskan di sini, agar ada kesempatan bagi UU Perlindungan Anak membuktikan bahwa ancaman pemberatan sanksi benar-benar diterapkan," terang psikolog forensik.

Dia menyarankan agar masyarakat ikut memantau pola pergerakan korban dan merehabilitasi mereka. Agar tidak menjadi pedofil baru dan mengalami sexualization of behavior.‎ (esy/jpnn)

BACA JUGA: Ibu dan Nenek Buang Bayi di Bak Sampah demi Tutupi Aib

BACA ARTIKEL LAINNYA... WNA Pedofil Itu Divonis 5 Tahun Bui


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler