Luar Biasa, Inti Club Unit Menteng Pomdam Jaya Rebut 11 Emas dari CNN Taekwondo Championship 2024

Senin, 07 Oktober 2024 – 11:50 WIB
Para atlet Inti Club Unit Menteng Pomdam Jaya seusai bertanding di CNN Taekwondo Championship Piala Menpora 2024. Foto: CNN Taekwondo Championship 2024

jpnn.com - Inti Club Unit Menteng Pomdam Jaya sukses merebut 11 emas dari total 19 medali yang tersedia di event nasional bertajuk CNN Taekwondo Championship Piala Menpora 2024.

CNN Taekwondo Championship Piala Menpora 2024 digelar selama empat hari di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Kamis sampai Minggu (3-6/10/2024). Di dalamnya terdapat tingkat pemula dan prestasi.

BACA JUGA: Dubes RI Untuk Thailand Beri Dukungan ke Tim Taekwondo Garbha Presisi Polri

Adapun kategori yang dilombakan ialah pra kadet, kadet, junior, dan senior. Event tingkat nasional ini diikuti dari berbagai provinsi dengan lebih dari 3.500 atlet dari 247 klub di Indonesia.

Para peserta dari berbagai usia bersaing dalam cabang Kyorugi Pemula dan Kyorugi Prestasi, serta Pomsae. Mereka menunjukkan kualitasnya untuk meraih prestasi di tingkat regional.

BACA JUGA: Kejuaraan Taekwondo Pangkostrad Cup Tahun 2024 Sukses Digelar, Pelatda DKI Jakarta dan Gharba Presisi Polri Juara Umum

Pada event ini, Taekwondo Inti Club menurunkan sebanyak 185 atlet dari 5 unit binaannya, termasuk Inti Club Menteng Pomdam Jaya.

Pelatih Inti Club Unit Menteng Pomdam Jaya, Yanuardo Sinaga mengatakan pihaknya menurunkan 26 atlet pada kategori kelas pemula dan prestasi. Hasilnya, mereka sukses merebut 19 medali.

BACA JUGA: Dokter Spesialis Bedah Terpilih Pimpin Taekwondo Papua

"Inti Club Menteng Pomdam Jaya di event ini mendapatkan 11 emas, 5 perak, dan 3 perunggu," kata Yanuardo.

Menurut Yanuardo, selain prestasi, pihaknya menjadikan event ini sebagai uji coba implementasi latihan anak didiknya selama ini.

"Ada juga beberapa yang dahulu masih di kategori pemula, kami naikkan dengan diikutsertakan ke tingkat prestasi," ujarnya.

"Jadi artinya pembinaan kita di grassroot, di tingkat anak-anak," kata pria yang juga pelatih di PPLM (pusat pembinaan dan pelatihan mahasiswa) DKI Jakarta.

Yanuardo pun cukup puas dengan hasil yang didapat anak didiknya karena sesuai dengan latihan yang sudah dijalankan selama ini.

Selanjutnya, ucap Yanuardo, Inti Club Menteng Pomdam Jaya akan mengikuti event kejuaraan taekwondo pada Desember 2024.

"Kemarin untuk persiapan sendiri, Inti Club Menteng Pomdam Jaya sudah melakukan latihan selama 3 bulan di luar latihan rutin," ungkapnya.

Latihan rutin sendiri digelar tiga sampai empat kali seminggu. Menurutnya, frekuensi menjadi kunci dalam latihan, makin banyak berlatih harapannya akan bagus saat bertanding.

"Kami lakukan persiapan teknik, fisik, dan psikologis juga. Jadi, ada motivasi yang kami berikan ke mereka sampai hari H pertandingan ini," ujarnya.

Fokus Pembinaan Atlet Usia Dini

Inti Club Menteng Pomdam Jaya sendiri sekarang banyak fokus kepada junior, sedangkan yang senior sudah masuk di level pembinaan daerah seperti Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP) di Ragunan.

"Kami sekarang fokus di level pra kadet dan kadet, tujuan utamanya ialah menciptakan atlet baru usia dini yang bisa bertahan sampai tingkat senior bahkan sampai masuk ke PON atau level internasional," harapnya.

Di unit Menteng Pomdam Jaya sendiri saat ini terdapat 40 anak yang dibina mulai sabuk putih sampai sabuk merah. Untuk sabuk hitam sudah masuk ke PPOP Ragunan.

"Dalam latihan kami pisah, pemula sendiri yang prestasi juga sendiri, supaya program latihan tidak tercampur," katanya.

"Jadi kami pusatkan termasuk kategori usia juga menjadi pertimbangan kami dalam memberikan latihan," sambungnya.

Sementara itu, Kepala SDN Menteng 02 Edi Kusyanto sangat bangga dan terharu melihat prestasi atlet taekwondo Inti Club Unit Menteng-Pomdam Jaya.

Taekwondo sendiri merupakan salah satu ekstra kurikuler di SDN 02 Menteng.

"Banyak peningkatan prestasi yang diraih anak didik kami. Semoga anak didik SDN Menteng 02 ini bisa menjadi atlet nasional khususnya cabor Taekwondo," ujar Edi Kusyanto.

Rasa bangga juga tercurahkan dari Danpomdam Jaya/Jayakarta Kolonel Cpm Donny Agus Priyanto sekaligus pembina Taekwondo Inti Club Unit Menteng-Pomdam Jaya.

Donny Agus memberikan apresiasi kepada atlet-atlet yang berhasil menorehkan prestasi luar biasa pada Kejuaran Nasional CNN Taekwondo Menpora Cup 2024.

"Kami berharap seusai pelaksanaan pertandingan ini, Atlet Taekwondo Inti Club Unit Menteng-Pomdam Jaya tetap terus berlatih untuk menghadapi event-event berikutnya, sehingga tercapai slogan: dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat," tegasnya.(mcr15/jpnn)

Perolehan Medali Inti Club Unit Menteng Pomdam Jaya

Kyorugi Pemula

  1. QUEEN MALEEKA ALESSIA H. (emas)
  2. TRISTAN ALIF ATHAYA (emas)
  3. KALINGGA WIJAYA ADISURA (emas)
  4. RENNATA PUTRI PARMATOWARDI (emas)
  5. ?RIZKY DEWANTARI (emas)
  6. MUSA AL GHIFARI (emas)
  7. SARHAN ANANDYA NUGRAHA (perak)
  8. KEISYA PUTRI AIRRA (perak)
  9. VIQRY PRATAMA (perak)
  10. ?SAKTI MAHARDIKA (perak)

Kyorugi Prestasi:

  1. GHAZIYA ARYANTI SAKINAH (emas)
  2. SEKAR AYU HARIMURTI (emas)
  3. ALFAREZELL ABHIVANDYA PATRIA (emas)
  4. BRANDON PUTRA ARDIAN (emas)
  5. GUSTI SABDA PERMANA (perak)
  6. MUHAMMAD ILYAS ARYATAMA (perunggu)
  7. KIANDRA SYAQUILA FIRDAUS (perunggu)
  8. SATRIA MAHARDIKA (perunggu)

Kategori Pomsae:

  1. NOVENTARI SISWANTI (emas)

Total perolehan medali:

  • 11 emas
  • 5 perak
  • 3 perunggu. 

Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler