LUAR BIASA! Sekali Mengajar, Seumur Hidup Menginspirasi

Sabtu, 26 Agustus 2017 – 17:45 WIB
Pengurus Kelas Inspirasi bersama Wakil Wali Kota Ternate Abdullah Tahir (tengah) dalam salah satu kegiatan di Land Mark Kota Ternate. Foto: Abd Yahya Abdullah/Malut Post/JPNN.com

jpnn.com, TERNATE - Kelas Inspirasi (KI) termasuk komunitas baru di Kota Ternate. Namun secara nasional, komunitas serupa telah eksis sejak 2012.

Merangkum anggota berlatar belakang berbagai profesi, KI bertekad memajukan Indonesia melalui dunia pendidikan nonformal. Caranya adalah dengan memotivasi anak-anak untuk terus belajar dan meraih cita-cita.

BACA JUGA: Krisis Guru, 106 SD Merger Belajar

Di Ternate, sejak terbentuk April 2017 lalu, sudah ada 10 lebih relawan yang ikut serta. Mereka mulai bekerja melaksanakan misi utamanya dengan turun ke sekolah-sekolah dan mengajar. Anak-anak diberi motivasi dengan berbagai kisah tentang profesi member KI masing-masing. Sebelumnya, survei terhadap sekolah yang akan didatangi sudah dilakukan lebih dulu.

Di Ternate, komunitas ini memfokuskan diri pada sekolah di Pulau Hiri sebagai salah satu daerah yang tergolong terpencil. Dunia pendidikan di sana masih jauh panggang dari api.

BACA JUGA: Kelas Inspirasi di Sekolah ini Menggemaskan Sekali

“Bukan karena sekolah di sana kurang diperhatikan, tetapi agar anak-anak di sana tidak merasa asing dan berpikir bahwa hanya orang kota saja yang cerdas dan dapat menggapai cita-citanya. Mereka juga bisa," ungkap Arif Prabowo, Koordinator KI Ternate seperti dilansir Malut Post (Jawa Pos Group).

Kelas Inspirasi mempromosikan kegiatan di salah satu stasiun radio negeri milik pemerintah

Nantinya, selama satu tahun gerakan ini akan tetap fokus memotivasi anak-anak khususnya di SD yang ada di Pulau Hiri untuk terus memacu semangat belajar serta melanjutkan keinginannya menggapai cita-cita. "Rencana kelas inspirasi ini aktif pada 2 Desember,” tambahnya.

Lelaki yang akrab disapa Bowo ini juga mengaku, pada hari tersebut semua member atau yang disebut pengajar inspirasi, harus cuti dari pekerjaannya selama satu hari dan fokus pada kegiatan KI, yaitu mengajar dan menginspirasi siswa.

Dalam aksinya nanti, Bowo dan kawan-kawannya akan menginspirasi siswa SD dengan mengenakan seragam maupun atribut yang berkaitan dengan profesi mereka masing-masing.

“Diharapkan dapat menginspirasi anak-anak seumur hidup,” tambah Bowo.

Ia mengaku akan merekrut lebih banyak profesional. Member KI saat ini didominasi kalangan dokter.

“Kelas inspirasi ini cukup satu hari mengajar, sisanya menginspirasi. Sesuai moto; sekali mengajar, seumur hidup menginspirasi,” tandasnya.(JPG/tr-05/kai/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler