Luar Biasa! Sempat Tertinggal, Persib Taklukkan PSS di Sleman

Jumat, 16 April 2021 – 22:48 WIB
Trio Persib Bandung mengepung pemain PSS Sleman. Foto: ligaindonesiabaru

jpnn.com, SLEMAN - Persib Bandung memetik kemenangan atas PSS Sleman pada leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (16/4) malam.

Dua gol Persib dicetak oleh Victor Igbonefo dan Frets Butuan, sementara satu-satunya gol PSS dicetak oleh Saddam Emiruddin Ghaffar.

BACA JUGA: Persib Bandung Vs PSS Sleman: Robert Lempar Sindiran Tajam soal Maguwoharjo

Persib yang turun tanpa striker asingnya Wander Luiz karena absen setelah kena kartu merah pada perempat final, mengambil inisiatif serangan dari awal.

Namun, upaya mereka belum membuahkan hasil dan selalu kandas.

BACA JUGA: Hadapi PSS Sleman, Persib Bandung Target Masuk Final Piala Menpora 2021

Sebaliknya, PSS juga tak menunjukkan permainan yang berbeda. Mereka meladeni permainan Persib dan juga memberikan tekanan yang tinggi, saat berhasil mencuri bola dari pemain Maung Bandung.

Tekanan demi tekanan yang dibuat oleh Persib mampu dipatahkan pemain PSS dan secara mengejutkan, serangan yang dibangun dari sisi kiri yang dibangun Samsul Arifin mampu menjadi gol pembuka di laga ini.

BACA JUGA: Pemain PSS Sleman ini Akui Sayap Persib Bandung Sangat Cepat

Umpan crossing-nya ke kotak penalti, disundul dengan sempurna oleh Saddam Emiruddin yang menjebol gawang Made Wirawan. Skor 0-1 untuk PSS.

Persib yang tertinggal langsung meningkatkan intensitas serangan. Tak butuh waktu lama bagi Maung Bandung. Berawal dari sepakan penjuru yang dilepaskan oleh Febri Hariyadi, bola bisa ditanduk dengan matang oleh Victor Igbonefo. Persib berhasil menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-23.

Setelah skor sama kuat ini, kedua tim masih menunjukkan permainan dengan tempo cepat.

Namun, berulang kali bola mudah hilang. Persib kesulitan menembus jantung pertahanan PSS. Hal yang sama juga ditunjukkan oleh PSS yang selalu kandas serangannya di tengah.

Pertarungan di lini vital ini cukup seru dan ketat. Karena itu, sampai peluit babak pertama dibunyikan skor belum juga berubah. Sampai jeda antarbabak tetap sama kuat 1-1.

Memasuki babak kedua, perubahan dilakukan oleh Persib. Pelatih Robert Alberts menarik Ferdinand Sinaga dan memasukkan Beckham. Otomatis dengan hilangnya striker murni, Persib menjadikan Frets Butuan sebagai tumpuan di lini depan.

Serangan-serangan yang dibangun oleh Persib menjadi makin hidup dengan perubahan ini. Lini pertahanan dari PSS lebih harus bekerja keras, karena dari sisi sayap Persib terus memberikan tekanan. Kecepatan dari Febri Hariyadi dan kreativitas Esteban Vizcarra, membuat lini pertahanan Super Elja, julukan PSS, menjadi kocar-kacir.

Peluang terbaik bagi Maung Bandung didapatkan oleh Farshad Noor, yang melepaskan sepakan dari luar kotak penalti pada menit ke-51. Sayang, sepakan itu masih bisa ditangkap sempurna oleh kiper PSS, Ega Rizky.

PSS membalas melalui aksi dari Irfan Jaya menit ke-54. Dia meliuk-liuk menipu pemain belakang Persib, Ardi Idrus. Irfan kemudian mengakhiri dengan sepakan kaki kirinya, tetapi masih bisa ditangkap dengan baik oleh Made.

Persib mendapatkan dua peluang bagus setelah itu. Masing-masing pada menit ke-58 dan 61. Sayang, sepakan kaki kiri dari Febri Hariyadi dan Vizcarra, masing-masing hanya melambung di atas mistar gawang.

Usai water break, permainan kedua tim makin cepat. Bola terus mengalir dan serangan demi serangan dilakukan. Persib yang tertekan oleh PSS di masa injury time kemudian membuat kejutan. Mereka memanfaatkan sebuah serangan balik, yang berujung gol.

Berawal dari umpan lambung yang disambut oleh Febri Hariyadi disodorkan ke Frets yang berari cepat. Sepakannya masih bisa diblok kiper Ega Rizky, tetapi bola memantul dan kembali dikuasai oleh Frets yang langsung menendangnya ke arah gawang.

Gol pada menit ke-91 itu membuat skor berubah 2-1 untuk Persib Bandung. Sampai laga usai skor tak berubah dan Persib memenangi laga leg pertama semifinal Piala Menpora 2021.

Selanjutnya, kedua tim akan berjumpa di leg kedua pada 19 April mendatang di Stadion Manahan Solo. Dengan keunggulan (tandang) 2-1 yang dimiliki Persib ini, PSS harus bekerja keras untuk bisa menang lebih dari margin satu gol untuk mengungguli surplus yang kini dimiliki oleh Maung Bandung. (dkk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler