Lukisan Bacon Terjual Rp 1,6 Triliun

Rabu, 13 November 2013 – 15:05 WIB
Lukisan karya Francis Bacon menjadi karya seni termahal yang pernah dijual di balai lelang dengan rekor penjualan USD 142 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun di New York, Amerika Serikat. Getty Images

jpnn.com - NEWYORK - Sebuah lukisan karya Francis Bacon menjadi karya seni termahal yang pernah dijual di balai lelang dengan rekor penjualan USD 142 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun di New York, Amerika Serikat.

Lukisan Bacon yang berjudul Three Studies of Lucian Freud (1969) ini terdiri dari tiga gambar. Yang menjadi model dalam lukisan itu adalah seorang seniman dan juga sekaligus kawan dekat Bacon.

BACA JUGA: Aquino Bantah Jumlah Korban Haiyan 10.000 Orang

"Karya ini terjual setelah proses tawar menawar selama enam menit yang cukup sengit," kata balai lelang Christie's seperti dilansir BBC, Rabu (13/11).

Harga ini melampaui penjualan karya Edvard Munch yang berjudul The Scream tahun lalu sebesar USD119,9 juta. Lelang ini juga pertama kalinya Three Studies of Lucian Freud ditawarkan dalam lelang dan penawaran dibuka pada harga USD 80 juta.

BACA JUGA: 3 Pesawat Hercules Diberangkatkan ke Filipina

Balai lelang sendiri tidak mengungkap siapa identitas pembeli lukisan ini. Menurut Francis Outred, kepala seni kontemporer dan pasca perang Christie's Eropa, lukisan Bacon merupakan maha karya dan salah satu lukisan terbesar yang dilelang dalam era masa kini.

"Ini menandai hubungan Bacon dan Freud, merepresentasikan kekerabatan kreatif dan hubungan emosional antara dua seniman ini," tambahnya.

BACA JUGA: Dunia Bantu Rakyat Filipina

Bacon dan Freud bertemu pada 1945 dan menjadi sahabat dekat. Mereka sering melukis satu sama lain, sebelum hubungan mereka merenggang selama tahun 1970-an.

Francis Bacon lahir di Dublin pada 1909. Karyanya yang lain, termasuk seri lukisan Screaming Pope juga dilelang dengan harga tinggi. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mencuri di Pusat Perbelanjaan, Batman Dibui 33 Bulan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler