Lumbung Pangan di Merauke Bawa Perubahan, Petani: Terima Kasih Bapak Jokowi

Rabu, 24 Juli 2024 – 09:45 WIB
Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja ke Merauke pada Selasa (23/7). Foto: Dokumentasi Kementan

jpnn.com, MERAUKE - Masuknya investasi pengembangan lumbung pangan di Merauke memberikan angin segar bagi petani.

Para petani tebu yang berada di Merauke Papua Selatan mengapresiasi dan berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

BACA JUGA: Disambangi Mentan Amran, Petani Papua Berharap Food Estate Bisa Meningkatkan Perekonomian

Ungkapan rasa syukur itu terlontar dari para petani tebu saat kunjungan kerja Jokowi dan Amran ke Merauke pada Selasa (23/7).

“Terima kasih untuk Bapak Jokowi Presiden dengan Mentan Amran dan Bapak Prabowo dengan adanya masuk di Kota Merauke dan Bapak Bupati serta Bapak Menteri beserta rombongan lainnya, saya ucapkan terima kasih dengan adanya (investasi) perusahaan ini,” ujar Antonio Sendikin, salah satu petani tebu di Merauke.

BACA JUGA: Mentan Amran Pasang Target Lahan Lumbung Pangan Merauke hingga Sejuta Hektare

Antonio mengatakan investasi ini sangat membantu dan berdampak bagi mereka untuk peningkatan perekonomian sehari-hari.

“Kami sebagai masyarakat adat atau masyarakat di Kota Merauke ini terima kasih, dalam ekonomi terbantu, dalam masyarakat pokoknya sudah membantu dalam kehidupan sehari-hari,” lanjut Antonio.

Para petani tebu di Merauke turut berharap ke depan investasi ini akan terus berkelanjutan dan berkesinambungan guna menciptakan suatu terobosan baru demi membangkitkan gairah perekonomian khususnya bagi masyarakat Papua Selatan.

“Harapan kami, masyarakat Merauke adalah mungkin ini suatu terusan atau suatu pintu buat kita bekerja, bersama-sama disini untuk membangkitkan kita dalam ekonomi ke depan,” ungkap Antonio.

Jokowi mengatakan di tengah krisis pangan dunia akibat perubahan iklim yang mengakibatkan kekeringan berkepanjangan, Merauke adalah lokasi yang potensial untuk menjadi lumbung pangan dan energi Indonesia.

“Pak Prabowo sudah menyampaikan bahwa beliau akan berkonsentrasi di pangan dan energi khususnya yang bakal menjadikan Merauke sebagai lumbung pangan,” papar Jokowi.

Jokowi menilai investasi lumbung pangan menjadi kesempatan untuk menjadikan Indonesia menjadi lumbung pangan di Merauke dan sekitarnya.

"Baik padi, jagung maupun tebu, tebu dan jagung nanti bisa dipakai untuk gula pasir maupun bioetanol,” sambung Jokowi.

Di kesempatan yang sama, Mentan Amran menambahkan nantinya pertanian modern di Merauke akan dikembangkan secara bertahap, dengan mengadopsi teknologi pertanian seperti varietas unggul, sensor tanah dan cuaca, drone pemantau lahan dan sistem irigasi otomatis sehingga para petani dapat meningkatkan dan mengoptimalkan hasil panen mereka.

“Di sini Merauke 63 ribu hektare, di mana untuk tahap awal telah kita kerjakan 40 ribu hektare dulu, kemudian lanjut nanti satu juta hektare, ini nanti akan kita selesaikan secara bertahap,” ucap Amran. (mcr10/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler