Luncurkan Buku 60 Tahun Meniti Buih di Antara Karang, Bamsoet Dapat Apresiasi dari Jokowi

Minggu, 11 September 2022 – 15:15 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berencana meluncurkan buku barunya berjudul Meniti Buih di Antara Karang pada 10 September 2022. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo kembali meluncurkan dua judul buku bertepatan dengan hari ulang tahun ke-60 pada 10 September 2022.

Meniti Buih di Antara Karang menjadi judul buku yang menandai 60 tahun perjalanan hidup Bamsoet sebagai sosok politisi dan pengusaha. 

BACA JUGA: Bamsoet Harap IMI Lounge Bisa Merangkul Seluruh Ekosistem Otomotif

Bamsoet membukukan ratusan opini yang ditulisnya di berbagai media massa sepanjang 15 tahun terakhir lima seri buku berjudul Bunga Rampai Opini Bambang Soesatyo 2007-2022.

"Buku Meniti Buih di Antara Karang banyak memuat kisah kehidupan saya yang jarang terekspos di publik. Dari mulai kisah saat remaja hingga perjalanan karier saya sebagai wartawan, pengusaha, dan politisi,’’ ucapnya.

BACA JUGA: Manjakan Pencinta Otomotif, Bamsoet Resmikan Black Stone Garage, Banyak Aksesori Murah

Dalam buku ini, banyak testimoni dari para sahabat, termasuk Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Hal ini dikatakan Bamsoet saat launching buku Meniti Buih di Antara Karang dan Bunga Rampai Opini Bambang Soesatyo 2007-2022 di Black Stone Garage (IMI Lounge) di Jakarta, Sabtu (10/9).

BACA JUGA: Dukung Kenduri Lawang Swarnabhumi Jambi, Bamsoet Ingin Budaya di DAS Batanghari Tetap Lestari

Presiden Joko Widodo mengapresiasi peran Bamsoet dalam mewarnai perpolitikan nasional. Bamsoet membuat lembaga MPR menjalankan beberapa agenda penting. 

Selain memantapkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, MPR mengkaji substansi dan bentuk hukum pokok-pokok haluan negara serta mengembangkan kerja sama internasional untuk menghadapi tantangan global.

"Saya juga mengapresiasi kontribusi Pak Bambang dalam berbagai kegiatan sosial dan hobi. Melihat usia beliau yang sudah menginjak 60 tahun, dengan aktivitas politik dan hobi yang sangat padat, Pak Bambang termasuk the young-old," ujar Jokowi.

Sementara itu, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menceritakan dirinya tidak pernah melupakan saat diminta Bamsoet mengenakan rompi khas anak motor pada acara Riding Kebangsaan di Jakarta sekitar akhir Februari 2020. 

Padahal, dalam keseharian, Abah, panggilan akrab Bamsoet kepada Wapres KH Ma'ruf Amin, selalu mengenakan sarung dan jas.

"Inilah pertama kali dalam hidup Abah mengenakan rompi khas anak motor. Ini demi Pancasila, demi Empat Pilar MPR RI, demi para bikers Indonesia. Abah sempat juga menggeber-geber gas motor," kata Wapres KH Ma'ruf Amin.

Ketua DPR RI Puan Maharani menilai Bamsoet sebagai seorang politisi yang selalu aktif dalam mengartikulasikan tugasnya sebagai anggota DPR RI. 

Berbagai tugas DPR RI telah dilaksanakan secara konstitusional melalui kerja sebagai anggota komisi, pansus, bahkan menjadi ketua DPR RI. 

"Mas Bamsoet merupakan seorang yang memahami fatsun politik. Cara bicaranya, walau sering penuh canda, namun tetap santun, dan hati-hati. Dalam mengelola berbagai kepentingan politik yang menjadi dinamika di DPR RI maupun di MPR RI, Mas Bamsoet juga terlihat mengedepankan prinsip-prinsip yang taat aturan, taat asas, dan selalu menjaga adab," puji Puan. 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memaparkan, Bamsoet merupakan salah satu kader terbaik Partai Golkar dan taat asas. 

Bamsoet dan Airlangga pernah sama-sama maju bersaing memperebutkan Ketua Umum Partai Golkar beberapa waktu lalu. 

Ketua KPK Komjen (Pol) Firli Bahuri menegaskan Bamsoet selalu memberi perhatian khusus terhadap upaya pencapaian zero korupsi di Indonesia. 

Ini bisa dibaca dari opini ataupun statement Bamsoet di media massa. Salah satu gagasan Bamsoet yang bernas adalah 'bagaimana agar KPK menggalakkan fungsi pencegahan dalam menyelamatkan keuangan negara'.

"Saya mengenal Bamsoet sebagai seorang teman diskusi yang mengasyikan, sejak Beliau menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI, Ketua DPR RI hingga saat ini sebagai Ketua MPR RI. Termasuk diskusi untuk masalah serius soal kebangsaan dan kenegaraan.," ujar Firli.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengenang Bamsoet sebagai sosok yang ekstrover dan people oriented yang membuatnya dikelilingi banyak teman.

"Saya tidak bisa menyatakan secara pasti ke mana masa depan Mas Bamsoet akan mengalir. Tapi yang pasti potensi Mas Bamsoet makin membesar dengan berjalannya waktu ke masa depan," tuturnya.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menuturkan sejak menjabat Ketua Komisi III DPR RI perhatian Bamsoet pada Polri sangat besar. Selain mengkritisi hal-hal yang dirasakan masih kurang di jajaran Polri, Bamsoet selalu memberi solusi dan penuh gagasan. 

"Bagi saya pribadi, Bamsoet adalah sosok pemimpin yang solutif. Selalu memberikan saran dan menyampaikan masukan," ujarnya. (mrk/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler