Ma Quing Hua, Calon Pembalap Tiongkok Pertama di F1

Sabtu, 02 Maret 2013 – 17:29 WIB
Ma Quing Hua. Foto: Getty Images
SPANYOL- Selangkah lagi, Ma Quing Hua bakal mencatatkan namanya dalam sejarah dunia otomotif Tiongkok. Dia bakal menjadi orang Tiongkok pertama yang berjibaku di arena Formula 1. Itu terjadi setelah dirinya dimasukkan sebagai pembalap cadangan untuk tim Caterham di musim 2013 ini.

“Caterham bakal memberikan kesempatan untuk Ma Quiang Hua berpartisipasi dlam latihan pertama dan juga Grand Prix di negaranya bulan depan,” demikian tulis Caterham dalam situs resminya.

Quing Hua jelas sangat gembira dengan kesempatan tersebut. Namun, saat ini yang menjadi fokusnya ialah bermain dengan baik di arena GP2. Menurutnya, kesempatan tersebut bakal membuat masyarakat Tiongkok sangat bangga karena akhirnya memiliki pembalap yang bakal bertanding di balapan bergengsi.

“Saya tahu bahwa para fans di Tiongkok akan sangat bahagia untuk melihat saya membalap di GP2,” terang Quing Hua dalam situs resmi Caterham seperti dilansir dari laman CNN.

“Dengan kesempatan membalap di F1 yang sudah ada di depan saya, Tiongkok bakal sangat bangga karena akhirnya memiliki pembalap yang bertanding di level tertinggi,” tambah Quing Hua.

Banyak yang menganggap Caterham memberikan kesempatan kepada Quing Hua adalah untuk menarik sponsor. Maklum, Tiongkok sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia tak memiliki pembalap yang berjibaku di F1. Selama ini, Tiongkok lebih kenal basket setelah Yao Ming sanggup menembus ketatnya persaingan di NBA.

“Kami melihat ke depan untuk membantunya mengembangkan bakatnya. Baik di GP2 ataupun di F1. Kami ingin memberi figure yang bisa dijadikan contoh oleh masyarakat Tiongkok,” tegas Cyril Abiteboul, salah satu petinggi Caterham. (jos/mas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Michael Jordan Diduga Punya Anak Gelap

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler