Mabes Polri Pastikan Bantu Polda Aceh Buru Lelaki Penghina Presiden Jokowi

Kamis, 05 Agustus 2021 – 14:50 WIB
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono. Foto/ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polda Aceh tengah memburu sesosok lelaki yang menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi) di media sosial. Namun, lelaki itu disebut tidak berada di Indonesia, melainkan di Malaysia.

Oleh sebab itu, Polda Aceh pun meminta bantuan Mabes Polri dalam hal ini Bareskrim Polri dan Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri.

BACA JUGA: Ambulans Tabrakan dengan Truk, Sopir Meninggal di RSAM

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Rusdi Hartono menegaskan, pihak Bareskrim maupun Divisi Hubinter bakal memberikan bantuan ke Polda Aceh.

“Jadi, pada prinsipnya Mabes Polri siap memberikan bantuan bagi satuan kewilayahan yang membutuhkan bantuan,” ujar Rusdi ketika dihubungi JPNN, Kamis (5/8).

BACA JUGA: Oknum Kepsek Ditangkap Polisi, Kelakukannya Memalukan

Dia menegaskan, apa saja yang diperlukan Polda Aceh dalam rangka penegakan hukum sebagai salah satu tugas Polri, maka hal itu akan dipenuhi.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy sebelumnya mengatakan, dalam pengejaran pelaku, pihaknya meminta bantuan Bareskrim Polri.

BACA JUGA: Kebakaran, Dua Gudang Triplek di Tangerang Kini Tinggal Arang

Sebab, pelaku diduga saat ini sedang berada di luar negeri. Sehingga, Polda Aceh harus berkoordinasi dengan Bareskrim Polri.

“Karena pelaku tidak berada di Indonesia jadi ada proses antarnegara yang harus dilalui," ujar Winardy ketika dikonfirmasi, Selasa (3/8).

Perwira menengah ini menuturkan, dari pemeriksaan awal pelaku diduga berada di Malaysia. Untuk itu, mereka berkoordinasi dengan Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri.

"Polda Aceh meminta bantuan asistensi ke Bareskrim Polri dan nanti akan koordinasi dengan Divisi Hubinter Polri yang selanjutnya proses apakah via G to G (pemerintah dengan pemerintah) atau P to P (private to private)," kata Winardy.

Diketahui video penghinaan ini telah viral di media sosial. Seorang lelaki tampak memaki Presiden Jokowi terkait pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Mbak Farida Setiap Hari Buka Warung Sayur, Ternyata Cuma Kedok Belaka

Lelaki itu tampak berbicara dalam bahasa Indonesia bercampur bahasa Melayu. Dalam video tersebut juga tampak foto Presiden Jokowi. (cuy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler