Macet, Terapkan Traffic Flow Managemen

Minggu, 12 Agustus 2012 – 15:29 WIB
BREBES - Macet berjam-jam di pintu exit tol Pejagan, Brebes dari arah pintu masuk maupun yang akan keluar hingga 1 - 2 jam sudah menjadi pemandangan biasa saat musim mudik lebaran tiba. Namun, kali ini Satlantas Polres Brebes akan berlakukan pola baru, yang dapat membuat perjalanan para pemudik bida lebih nyaman. Yiatu, kepadatan akan dipindahkan ke dalam Tol.

“Kalau tersumbatnya di exit tol kan nanti pergerakannya akan lama. Kalau penumpukan kendaraan di exit tol, arus dari exit tol hingga ke pertigaan Dermoleng bisa 1 sampai 3 jam. Nanti kita mindahin itu supaya leluasa, yaitu di dalam Tol di perbatasan Brebes Cirebon,” kata Kasatlantas Polres Brebes, AKP Hary Ardiyanto, SIK SH, didampingi Kanit Patroli Iptu M Fadhlan.

Menurutnya, Brebes punya jalan Tol sepanjang 14 km. Pada saat Operasi Ketupat Candi 2012 dilaksanakan, Satlantas Polres Brebes akan mendirikan Pos Traffic Get di dalam Tol tepatnya di perbatasan Brebes – Cirebon. Fungsinya untuk menahan arus kendaraan saat kepadatan mulai tampak di jalur exit tol.

“Jika krodit di exit tol Pejagan, maka kami akan lakukan buka tutup kendaraan. Arus kendaraan ditahan selama antara setengah jam sampai satu jam,” kata Hary. Begitu di exit tol sudah lancar, terang dia, arus akan dibuka dan kemudian kendaraan mudik yang dilepas akan dikawal oleh petugas Satlantas agar arus mengalir stabil. Namun jika arus sangat padat, pintu (Pos Traffic Get) akan  ditutup kembali setengah hingga satu jam.

“Ya dimenejlah, biar arus yang biasanya tersendat-sendat hingga berjam-jam kita hentikan saja sekaligus, sehingga nanti saat kendaraan-kendaraan pemudik dikeluarkan terjadi kelancaran arus,” tambahnya. Pola tersebut khusus diterapkan di dalam Tol. Untuk jalur lainnya akan tetap diterapkan pola yang sang sama seperti tahun-tahun lalu yaitu pola 3 : 1.

Guna memperlancar pelaksanan dan penerapan pola tersebut, Satlantas Polres Brebes telah berkoordinasi dengan pihak pengelola Tol. “Itu pun kalau di exit tol benar-benar terjadi penumpukkan arus kendaraan, baru pola traffic flow maganemen akan diterapkan,” terangnya.

Dalam pelaksanaan penerapan pola tersebut, Satlantas Polres Brebes akan dibantu tim dari Korlantas Mabes Polri dan PJR Tegal. Karena kondisinya situasional, maka di pos tersebut akan ditempatkan banyak petugas.

“Karena masyarakat pemudik pasti akan banyak yang membunyikan klakson ketika kendaraan mereka dihentikan, sehingga dalam satu hari mungkin bisa sampai 6 – 7 petugas yang berjaga di Pos ini. Para petugas juga harus konsisten, karena jika tidak konsisten akan percuma”, tegas AKP Hary. (har)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jalur Alternatif Jatibarang Rawan Macet

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler