Macet Total Dampak Ribuan Buruh Demo

Kamis, 31 Oktober 2013 – 13:29 WIB

jpnn.com - BEKASI - Jalan Perjuangan Raya yang menghubungi Bekasi Utara dengan Pulo Gadung macet total. Sumber kemacetan terjadi di tiga titik masing-masing di depan pabrik ban Goodyear dan mie instans.

Selain melakukan aksi pemblokiran jalan Perjuangan Raya, ratusan buruh juga melakukan swiping terhadap para buruh yang belum ikut bergabung dengan aksi demo yang akan mereka gelar hingga tiga hari ke depan.

BACA JUGA: Ada Anggaran Siluman Rp 1,47 T di Empat Dinas

"Rekan-rekan buruh yang masih melakukan aktifitas di dalam pabrik, kami minta kesadarannya untuk bergabung dengan aksi demo yang dimulai pagi ini hingga tiga hari ke depan," kata seorang buruh, Sagiyo melalui pengeras suara, di depan pabrik pengolahan sawit, jalan Perjuangan Raya, Bekasi Utara, Kamis (31/10).

Ditegaskannya, rekan-rekan buruh harus segera meninggalkan rutinitas dan berkumpul dengan ribuan buruh lainnya untuk segera menuju kawasan Industri Pulo Gadung.

BACA JUGA: Atur Ulang Jam Bongkar Muat Ekspedisi di Tanah Abang

Kemacetan serupa juga terjadi di jalan Ahmad Yani Kota Bekasi. Dari data yang didapat dari peserta aksi demo, Yanto, menyebut ada sekitar 2 ribu buruh yang dari 09.10 tadi telah memadati jalan Ahmad Yani.

"Kalau semua buruh sudah berkumpul, kami akan konvoi dengan sepeda motor dan mobil menuju kawasan Industri Pulo Gadung di bawah pengawasan anggota Polri dan TNI," ujarnya.

BACA JUGA: Pembangunan Lelet, Ulah Oknum Aparat

Seperti yang sudah direncanakan oleh berbagai organisasi buruh, mulai hari ini hingga tiga hari ke depan menggelar aksi demonstrasi buruh besar-besaran menuntut kenaikan upah.

Sementara Polda Metro Jaya menurunkan sekitar 17.726 polisi guna mengamankan demo hingga Sabtu, 2 November 2013.

Beberapa kawasan yang akan menjadi titik konsentrasi demo buruh selama tiga hari ke depan sebagaimana yang dirilis Polri antara lain: Kawasan Industri Kota Jakarta (mencakup Pulogadung, Tanjung Priok, Ciilincing, Cakung, dan Pasar Rebo). Kawasan Industri Wilayah Kabupaten Bekasi.

Selain itu, kantor DPRD Kota Bekasi dan Kantor Kabupaten Bekasi. Kawasan Industri Kota Tangerang, dan Jatiluwung. Kantor Kabupaten Tangerang dan Kantor Walikota Tangerang Selatan. Lampu merah Pemda Cikupa Tangerang dan bawah Jembatan Tol Bitung Tangerang.

Lalu Kawasan Industri Kota Depok. Balai Kota Jakarta, Istana Negara dan gedung MPR/DPR/DPD RI serta long march buruh di Jakarta dengan rute Gambir-Gunung Sahari-Mangga Besar-Hayam Wuruk.

Selama empat hari, Polri memperkirakan tiga juta buruh di 20 provinsi, 65 kabupaten dan kota akan melakukan aksi mogok kerja nasional menuntut kenaikan upah minimum buruh dan kepastian sistem jaminan kesejahteraan serta penghapusan sistem outsourcing. (fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggaran Siluman di DKI Rp 1,4 Triliun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler