Mahasiswa Kecam Rencana Jepang Buang Limbah Nuklir ke Laut

Kamis, 23 Maret 2023 – 12:24 WIB
Partisipasi Mahasiswa Pencinta Lingkungan (PMPL) melakukan aksi di depan Kedubes Jepang buntut diumumkannya pembuangan 1,25 juta ton air limbah nuklir ke laut pasifik oleh pemerintah Negeri Sakura. Foto: Dok. PMPL

jpnn.com, JAKARTA - Partisipasi Mahasiswa Pencinta Lingkungan (PMPL) melakukan aksi di depan Kedubes Jepang buntut diumumkannya pembuangan 1,25 juta ton air limbah nuklir ke laut pasifik oleh pemerintah Negeri Sakura.

Para mahasiswa meminta pemerintah Jepang tidak menjalankan rencana tersebut.

BACA JUGA: Pemerintah Jepang Berencana Membuang Limbah Nuklir ke Samudra Pasifik, Forum Jong Indonesia Bereaksi Begini

PMPL yang terdiri dari mahasiswa melakukan aksi di depan Kedutaan Besar Jepang, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (21/3).

Mereka melakukan aksinya dengan menggunakan pakaian antizat radioaktif dan poster menolak air limbah nuklir.

BACA JUGA: IANFU Kecam Rencana Jepang Buang Limbah Nuklir ke Laut

"Aksi ini sebagai simbol dan bentuk penolakan. Atas nama kemanusiaan, tolak rencana pembuangan 1,25 juta ton air limbah nuklir ke Laut Pasifik," kata Koordinator PMPL Kevin dalam keterangannya.

Kevin menyampaikan air limbah nuklir dari PLTN Fukushima mengandung zat tritium dan unsur radioaktif berbahaya lainnya.

BACA JUGA: Jokowi Sudah Bahas Masalah Pilot Susi Air, Begini Perintahnya

Kemudian, kevin menyampaikan unsur radioaktif tersebut akan mengalir terbawa arus laut dan berkontaminasi ke lautan Indonesia.

Karena itu, air limbah nuklir dapat merusak ekosistem laut, bahkan menyebabkan kematian biota laut.

"Hal ini mengancam rantai makanan dan sumber hidup masyarakat Indonesia khususnya nelayan," ujar Kevin.

Tahun 2021, Kepala Pusat Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Hefni Effendi juga tidak setuju dengan rencana Jepang.

Sebab, limbah yang akan dibuang oleh Jepang tersebut diketahui berupa limbah cair dari pembangkit nuklir Fukushima yang bocor akibat gempa bumi dan tsunami pada tahun 2011 silam.

Hal itu pun dikhawatirkan akan menyebabkan pencemaran air antar negara melalui arus laut atau yang disebut dengan transboundary pollution.

Dalam orasi dan pernyataan sikap, Kevin mengajak nelayan Indonesia untuk bersatu menolak rencana pembuangan air limbah tersebut.

Lebih lanjut, Kevin mengajak nelayan bersama-sama mendesak Menteri Luar Negeri dan Menteri KKP untuk mengambil sikap dan melayangkan keberatan terhadap rencana pemerintah Jepang tersebut.

"Menlu dan Menteri KKP harus protes terhadap rencana Jepang tersebut. Lindungi laut dan selamatkan nelayan kita," tegas Kevin. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Ungkap Motif Pelaku Mutilasi di Sleman, Kejam Banget


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler