Mahasiswa President University Jawara Kompetisi Blockchain di Amerika Serikat

Kamis, 10 Oktober 2024 – 09:34 WIB
Jaya Iskandar, mahasiswa Prodi IT President Univeristy bersama tim dari Boston University menjuarai kompetisi Blokchain di Amerika Serikat. Foto dok. President University

jpnn.com - Prestasi gemilang kembali ditorehkan mahasiswa President University.

Dialah Jaya Iskandar, mahasiswa Prodi IT (Teknologi Informasi) angkatan tahun 2022 meraih prestasi pada ajang kompetisi Hackathon Blockchain TRON DAO yang diselenggarakan di Columbia University, New York, Amerika Serikat.

BACA JUGA: Ini Tahapan Penting Penerimaan PPPK 2024, SKPD Jangan Angkat Honorer Lagi

Jaya, penerima Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024 yang kuliah magang di Boston University, AS ini berhasil meraih peringkat ke-2 ajang kompetisi blokchain dunia tersebut.

"Saya dan tim berhasil meraih juara ke-2 di jalur integrasi tanggal 5 Oktober 2024. Terima kasih banyak kepada dewan eksekutif dan mentor dari Boston University Blockchain atas bimbingan dan umpan balik mereka yang sangat berharga," kata Jaya melalui keterangannya dikutip Kamis (10/10).

BACA JUGA: Nasib Sahbirin Noor Setelah Jadi Tersangka di KPK

Jaya mengemukakan lebih dari 10 jam dirinya dan rekan tim dari Boston University yaitu Russell Joarder dan Karl Alfred Boma berhasil melakukan sprint pengkodean (coding) untuk menghasilkan sebuah project aplikasi bernama Swap Squad.

Menurut Jaya, project tersebut adalah sebuah platform pasar terdesentralisasi (Decentralized Marketplace) yang terintegrasi dengan kontrak pintar. Platform ini berfungsi seperti aplikasi pasar online, tetapi dengan keunggulan mengurangi biaya secara signifikan bagi penjual dan pembeli. 

BACA JUGA: Jokowi Unggah 2 Foto Bareng Prabowo, Konon Inilah yang Dibicarakan

"Kami dengan bangga mempersembahkan Project Swap Squad sebuah platform pasar terdesentralisasi dan terintergrasi," jelasnya.

Sebagai informasi, Jaya sendiri, bertanggung jawab atas pengembangan front-end yang dibangun di atas React.js.

Dirinya menangani penyebaran hosting publik melalui Render untuk menghadirkan platform secara langsung.

"Pencapaian ini menjadi hackathon pertama saya, dan menjadi bagian dari persembahan saya sebagai penerima penghargaan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)," terang Jaya.

Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai serta bekal keilmuan di President University, dia bisa berkolaborasi dan bekerja sama dengan rekan-rekan dari berbagai negara di dunia untuk mengubah ide-ide inovatif menjadi kenyataan. (esy/jpnn) 


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler