Mahasiswa UPJ Raih Beasiswa Internasional IISMA 2023, Mantap

Selasa, 02 Mei 2023 – 21:41 WIB
Mahasiswa UPJ meraih beasiswa internasional IISMA 2023. Foto: dok. UPJ

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menargetkan program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) untuk menjaring mahasiswa sarjana dan vokasi yang tengah menempuh pendidikan di semester 4 sampai  6 pada saat mendaftar. 

Program ini juga diperuntukan bagi perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang berada di bawah Kemendikbudristek.

BACA JUGA: UPJ Tuan Rumah Tiga Konferensi International Lintas 4 Benua

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menjadi salah satu perguruan tinggi  yang berpartisipasi pada gelaran IISMA 2023.

Dengan visi mencetak pembelajar seumur hidup yang berwawasan luas dan berdaya saing tinggi, UPJ melalui Biro Kerja Sama dan Hubungan Internasional berhasil mengantar Ester Tri Utami, mahasiswa S1 Program Studi Akuntansi semester 6 lolos seleksi  IISMA 2023. 

BACA JUGA: UPJ Jawara Kategori Jembatan Teringan di Ajang KJI 2022

Ester, sapaan akrabnya, diterima di salah satu universitas terbaik di Malaysia, yaitu Universiti Sains Malaysia (USM) yang pada 2020 menduduki posisi pertama Global University Employability Ranking dan ranking 4 dunia dari Times Higher Education di tahun 2022. 

Di Universiti Sains Malaysia (USM) Ester akan menempuh pendidikan selama 4 sampai 6 bulan mengambil 4 mata kuliah yang berkaitan dengan program studinya saat ini.

BACA JUGA: Kompetisi Jembatan Indonesia 2022, UPJ Melaju ke Babak Final

Prodinya yaitu International Business, Business and Communication English, Principles of Marketing, dan Sustainability: Issues, Challenges, and Prospects.

Ester sendiri menjadi salah satu dari 10.496 mahasiswa seluruh Indonesia yang mendaftar beasiswa IISMA 2023.

Kemendikbudristek mencatat antusiasme pendaftar IISMA di tahun ini mencapai angka tertinggi sejak diluncurkan program IISMA di tahun 2021.  

Proses seleksi IISMA 2023 sendiri terdiri dari dua rangkaian besar, yaitu seleksi pemberkasan dan seleksi wawancara.

Mahasiswa yang memenuhi persyaratan dapat memilih universitas tujuan dan mata kuliah yang akan diambil, melengkapi berkas yang diperlukan seperti esai, transkrip nilai, surat pernyataan orang tua dan surat keterangan dari universitas. 

Setiap mahasiswa yang lolos seleksi pemberkasan akan diundang untuk seleksi wawancara sebagai akhir seleksi IISMA 2023 sebelum nantinya diumumkan secara resmi oleh panitia IISMA 2023. 

Pada tahapan seleksi di universitas, tim dari Biro Kerja Sama dan Hubungan Internasional UPJ melakukan seleksi mahasiswa perwakilan dari sepuluh program studi yang ada di UPJ.

Kemudian dilanjutkan dengan melakukan asistensi di semua tahapan seleksi. Mulai dari pengumpulan berkas, persiapan tes bahasa Inggris, pembuatan esai, sampai simulasi wawancara bagi mereka yang lolos untuk lanjut ke seleksi IISMA 2023. 

Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Internasional (KHI) UPJ, Eddy Yusuf, Ph.D, menekankan pentingnya keterlibatan mahasiswa pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), khususnya pada program mobilitas internasional bagi mahasiswa.

"Meskipun upaya pembentukan program serupa telah dilakukan UPJ dengan berbagai mitra di tingkat global, tetapi program IISMA ini menjadi salah satu cara mahasiswa UPJ untuk mengikuti program mobilitas internasional," terang Eddy Yusuf dalam keterangannya, Selasa (2/5).

Dia melanjutkan Ester menjadi bukti bahwa mahasiswa UPJ mampu bersaing di tingkat nasional dengan diterimanya di salah satu kampus prestisius dunia. Berdasarkan QS World University Rangkings 2022, USM berada pada peringkat 143. 

Harapannya ke depan, Ester mampu menjadi contoh bagi civitas academica di lingkungan UPJ, khususnya bagi mahasiswa dari sepuluh program studi di UPJ untuk ikut serta pada program mobilitas internasional. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler