Mahfud: Pemimpin Jangan Lepas Tangan

Selasa, 14 Januari 2014 – 22:05 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyebut tiga sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Yakni berpihak pada kepentingan masyarakat, cekatan dalam mengambil keputusan, dan bertanggung jawab.

"Pertama, di dalam membuat kebijakan harus menyangkut hajat hidup orang banyak dan berpihak pada kepentingan rakyat. Yang kedua, seorang pemimpin harus bisa mengambil keputusan cepat, tepat, tanpa bertele-tele," ujar Mahfud saat mengelar acara silahturahmi dengan Dahlan Iskan di Jalan Hang Tuah Raya, Jakarta, Selasa (14/2).

BACA JUGA: Soal Dugaan Ibas Korupsi, Wasekjen PD Lebih Percaya KPK

Setelah mengambil keputusan, pemimpin juga tak boleh lepas tangan begitu saja. Pria kelahiran Sampang, Madura ini lantas menyindir beberapa menteri yang terlihat lepas tangan saat ada masalah yang harus diputuskan.

"Dia (presiden, red) juga harus bisa mengambil alih tanggung jawab para menterinya itu. Jangan malah para menterinya lempar tanggung jawab dengan bilang itu bukan urusan dia tapi urusan dia," sesalnya.

BACA JUGA: Dahlan Sajikan Sate Madura untuk Mahfud MD

Sebab lanjut Mahfud, bila saling menyalahkan, masyarakat akan semakin melihat kekurangan dalam tubuh pemerintah yang tidak satu suara dalam memutuskan sesuatu.

"Kalau ada permasalahan, kasih tahu ke masyarakat, apa yang sebenarnya terjadi. Sehingga masyarakat jangan diombang-ambingkan. Itulah yang saya katakan pemimpinan tegas dan jelas," tukasnya. (chi/jpnn)

BACA JUGA: Dorong Duet Dahlan-Mahfud

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berita Tone Positif WIN-HT Mendominasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler