Mak Ganjar Bantu Petani NTT yang Kesulitan Mendapatkan Pupuk dan Bibit

Kamis, 05 Januari 2023 – 22:38 WIB
Sukarelawan Mak Ganjar memberikan bantuan pupuk dan bibit kepada petani di NTT. Dok Mak Ganjar Kupang.

jpnn.com, KUPANG - Koordinator Daerah (Korda) Mak Ganjar Kabuaten Kupang Nur Da Silva menyebut sejumlah kelompok tani di daerahnya kesulitan untuk mendapatkan pupuk dan bibit.

Merespons hal tersebut, pihaknya langsung memberikan bantuan dan menyerahkan bibit serta pupuk kepada kelompok petani di Kanaan, Desa Manusuk, Kecamatan Kupang Timur, Kamis (5/1).

BACA JUGA: Sederet Jurus Ganjar Pranowo untuk Menurunkan Angka Kemiskinan di Jateng

Menurut Nur, hingga saat ini belum ada satu pun pupuk yang beredar di petani. Hal tersebut direspons oleh Mak Ganjar dengan memberikan bantuan untuk petani.

"Sejak beberapa bulan lalu kami mendapatkan keluhan dari kelompok tani dikarenakan para distributor pupuk ini belum bisa menyediakan pupuk untuk mereka bertani," ujar dia.

BACA JUGA: Sukarelawan Santrine Abah Ganjar Bersama Masyarakat Boyolali Gelar Zikir & Doa Bersama

Dia menyebut seharusnya saat ini para petani sudah bisa panen. Hal ini membuat para petani khawatir apabila terjadi gagal panen karena tanamannya tidak bisa menghasilkan.

"Hal tersebut tentu akan mengancam krisis pangan di sini, maka kami mengantisipasi hal tersebut, ini waktu yang ideal untuk diberikan pupuk," ujar dia.

BACA JUGA: Ganjar Milenial Center di Sulsel Dirikan Posko Bencana & Berbagi Bansos untuk Korban Banjir

Nur menambahkan masalah pupuk kerap terjadi di NTT, terutama saat musim tanam tiba, padahal salah satu penentu panen adalah ketersediaan pupuk.

"Sekarang kan pupuk tidak dijual sembarangan, harus melalui koperasi atau yang memiliki izin. Sementara mereka sendiri tidak ada kepastian kapan pupuk itu ada," sebut dia.

Selain persoalan petani, ke depan Nur melalui sukarelawan Mak Ganjar akan berupaya untuk menyediakan berbagai macam kegiatan yang membantu masyarakat sekitar.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat bisa merasakan manfaatnya dalam jangka pendek maupun panjang.

"Banyak sekali persoalan di NTT, seperti stunting, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi untuk para mak-mak. Kami akan mengangkat persoalan tersebut menjadi kegiatan yang memberikan manfaat bagi masyarakat," pungkas dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komunitas Sopir Truk Pendukung Ganjar Gelar Sosialisasi Keselamatan Berkendara


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler