Mak Ganjar Bikin Pelatihan Pembuatan Martabak Kentang untuk Ibu-Ibu di Palembang

Rabu, 05 Juli 2023 – 09:38 WIB
Sukarelawan Ganjar Pranowo, Mak Ganjar Sumatera Selatan, menggelar pelatihan pembuatan martabak kentang bagi ibu-ibu di daerah Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Selasa (4/7). Foto: Mak Ganjar.

jpnn.com - PALEMBANG - Sukarelawan Ganjar Pranowo, Mak Ganjar Sumatera Selatan, menggelar pelatihan pembuatan martabak kentang bagi ibu-ibu di daerah Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Selasa (4/7).

Pelatihan ini diikuti puluhan ibu-ibu dari berbagai daerah di Kota Palembang. Mereka terlihat bersemangat mengikuti pelatihan yang diisi oleh salah seorang pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) martabak kentang di Palembang.

BACA JUGA: Mak Ganjar Melatih Ibu-Ibu Membuat Pisang Cokelat dan Nuget di Lebak

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Sumsel Seftiana menjelaskan alasan digelarnya pelatihan ini ialah karena adanya kebiasaan warga yang lebih memilih membeli makanan secara daring ketimbang membuat sendiri.

"Sekarang, kan, segala sesuatu banyak yang instan, banyak yang beli makanan secara online, tetapi tidak tahu cara membuatnya. Jadi, yang melatarbelakangi kegiatan kami adalah supaya jangan hanya tahu cara makannya, tetapi juga bisa membuatnya di rumah," kata Seftiana dalam keterangannya.

BACA JUGA: Simulasi 3 Capres: Prabowo, Ganjar, Anies, Begini Hasilnya

Seftiana berharap lewat pelatihan ini para peserta bisa membuka usaha martabak kentang, menambah penghasilan sekaligus memajukan sektor UMKM di Palembang.

"Ini juga bisa dialokasikan untuk menjadi UMKM dan menambah penghasilan. Jadi, harapannya nanti jadi ada UMKM, ibu-ibu bisa lebih kreatif, (produknya) bisa untuk dimakan, tetapi juga untuk diperjualbelikan," ungkapnya.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Resmikan Masjid Hasil Swadaya Masyarakat di Tegal

Menurut Seftiana, kegiatan pelatihan yang terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo yang gemar memberdayakan kaum perempuan itu akan terus berlanjut dan berkembang.

"Karena sudah ada pelatihan, kami ingin ada pengembangan. Bisa mereka mendirikan usaha-usaha, membuka toko, atau lebih diinovasikan martabaknya. Dari cara pembuatan, kami juga nanti ada pelatihan cara pemasaran. Apalagi saat ini dengan adanya sistem pemasaran online," tambahnya.

Antusiasme Peserta

Salah satu peserta, Sri Ruh Mulyati (55), mengaku sangat antusias mengikuti pelatihan ini.

Dia mengaku baru kali ini coba memasak martabak kentang.

"Semangat banget, yang enggak tahu jadi tahu. Selama ini, kan, martabak hanya ada yang manis dan telur. Sekarang di pelatihan ini, isinya kentang," kata Sri.

Ibu rumah tangga tersebut mengaku jadi termotivasi untuk membuka usaha martabak kentang di daerahnya.

Dia juga berharap agar sukarelawan Mak Ganjar Sumsel bisa membantunya untuk memulai usaha.

Mulai dari bantuan modal hingga memasarkan dagangannya secara daring.

"Mudah-mudahan kalau dipasarkan lebih maju lagi, karena ini murah meriah. Dengan adanya pelatihan ini, mudah-mudahan bisa berkembang, bisa buka usaha," harapnya. (boy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler