Makan Bersama Teman-Teman Dapat Picu Kegemukan

Rabu, 18 Desember 2013 – 00:11 WIB

jpnn.com - DENGAN banyaknya pekerjaan yang menumpuk setiap hari, tentu anda akan senang menghabiskan akhir pekan bersama dengan teman-teman. Namun, anda perlu berhati-hati karena sebuah penelitian menemukan makan bersama dengan teman justru bisa dengan mudah membuat berat badan anda bertambah.

Lazim diketahui bahwa setiap orang memiliki teman dengan selera makan yang berbeda-beda. Tim peneliti dari University of Illinois menginformasikan bahwa kondisi itulah yang membuat anda seringkali tidak bisa menahan diri. Mengapa? Ketika sedang makan di restoran bersama dengan teman-teman anda, maka anda cenderung akan memesan makanan yang serupa sebagai akibat dari 'peer pressure' atau tekanan teman sebaya.

BACA JUGA: Anak-anak Sekarang Tidak Lagi Bugar

Brenna Ellison, seorang analis kuliner menganalisis pesanan makan siang dari sebuah restoran di Stillwater, Oklahoma, selama 3 bulan terakhir. Restoran dibagi menjadi 3 area. Area pertama adalah restoran untuk tamu yang menerima menu dengan harganya saja. Area kedua menerima menu dengan informasi jumlah kalori untuk setiap hidangan. Sedangkan area ketiga menyodorkan menu lengkap dengan jumlah kalori dan tanda pengingat yang menunjukkan tingkat kalori makanan tersebut.

Sebagai contoh, makanan dengan tanda lampu hijau mengandung 400 kalori atau kurang, sedangkan makanan dengan lampu kuning berarti mengandung 401-800 kalori. Sementara makanan dengan lampu merah mengandung lebih dari 800 kalori.

BACA JUGA: Konsumsi Serat Tiap Hari Agar Langsing

Ellison mengungkapkan, mereka yang menerima menu dengan tanda pengingat memesan makanan dengan kalori lebih sedikit. Ini menunjukkan adanya tekanan dari teman sebaya untuk memesan makanan yang rendah kalori. Namun, temuan besar bagi Ellison adalah rasa bahagia yang muncul ketika seseorang memesan makanan serupa dengan teman-temannya.

"Misalnya, jika teman-teman saya memesan makanan tinggi kalori atau menghabiskan lebih banyak uang, maka saya juga bahagia jika memesan makanan yang tinggi kalori dan menghabiskan lebih banyak uang. Sebaliknya, memesan salad pun jadi terasa menyenangkan jika ada teman yang juga memesannya," kata Ellison seperti dilansir laman Daily Mail, Senin (16/12).

BACA JUGA: Penyebab Kanker yang Tersembunyi di Rumah Anda

Berdasarkan hasil temuan ini, Ellison memberi saran jika anda ingin pergi berakhir pekan bersama teman-teman. "Usahakan anda selalu memesan makanan lebih dulu karena orang yang memesan pertama kali adalah satu-satunya orang yang benar-benar mendapatkan apa yang mereka inginkan. Selain itu, kami pikir akan sangat baik jika anda bisa memesan makanan sehat dan rendah kalori, karena akan teman-teman anda memesan makanan yang lebih sehat juga," pungkas Ellison.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Manfaat Masturbasi bagi Pria dan Wanita


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler