Makan Oatmeal Bisa Mengobati Penyakit Kanker?

Rabu, 02 Juni 2021 – 00:13 WIB
Oatmeal. Foto: Medical News Today

jpnn.com - Oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh dan kaya akan serat larut. Mengonsumsi oatmeal dikenal baik untuk kesehatan jantung dan usus besar.

Selain baik untuk menunjang kesehatan tubuh, oatmeal disebut-sebut bisa mengobati penyakit kanker. Benarkah hal tersebut?

BACA JUGA: Vaksinasi dan Penerapan Prokes Percepat Pemulihan Kesehatan

Melansir dari Livestrong, Wasif M. Saif, MD, wakil kepala dan direktur onkologi dari Northwell Health Cancer Institute di New York, Amerika Serikat mengatakan, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa oatmeal bisa menyembuhkan atau mengobati kanker.

Dokter Reza Fahlevi juga berpendapat sama. Dia mengatakan, secara general, fungsi oatmeal sendiri adalah mencegah penyakit, termasuk kanker.

BACA JUGA: Wow, Ini 4 Manfaat Wortel yang Bikin Pria Makin Greng di Ranjang

Karena oatmeal mengandung serat yang baik untuk mencegah kanker usus besar.

“Lalu, ada juga kandungan antioksidan yang secara umum bisa mencegah kanker. Namun, kalau dikatakan untuk pengobatan maka ini belum tentu benar, karena tidak ada bukti ilmiahnya,” jelasnya.

BACA JUGA: Penuh Serat dan Gizi, Ini 8 Manfaat Sarapan Oatmeal Bagi Kesehatan

Kendati begitu, dr. Reza Fahlevi mengatakan oatmeal bisa dijadikan terapi suportif.

Artinya, pengobatan kanker tetap dilakukan dengan metode terapi radiasi, kemoterapi, atau pembedahan. Lalu, dilanjutkan dengan pola hidup sehat seperti makan oatmeal.

“Oatmeal bisa menjadi asupan nutrisi tambahan bagi pengidap kanker. Misalnya saja, penderita kanker usus yang membutuhkan serat tinggi bisa makan oatmeal sebagai solusi terapi suportifnya,” tambah dr. Reza.

Tak hanya itu, serat di dalam oatmeal memiliki peran mengurangi berbagai risiko penyakit.

Masih dilansir dari LiveStrong, para peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health di Amerika Serikat juga menjelaskan, rutin mengonsumsi biji-bijian utuh seperti oatmeal bisa mengurangi risiko kematian akibat berbagai penyakit.

Berdasarkan penelitian dari Jurnal Circulation pada tahun 2016 lalu, mengonsumsi biji-bijian dihubungkan dengan risiko tingkat kematian yang rendah.

Hasil penelitian tersebut diambil dari 14 studi yang melibatkan hampir 800 ribu orang.

Oatmeal diketahui memiliki sifat penurun kolesterol yang membantu mengurangi indeks massa tubuh dan mengandung antioksidan seperti avenanthramides.

Antioksidan tersebut memiliki sifat antiinflamasi dan mampu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat.

Sharon Zarabi, RD, CDN, direktur program bariatrik dari Lenox Hill Hospital di New York pun menjelaskan, oatmeal mengandung sejenis serat yang disebut beta glukan.

Zat beta glukan membantu meningkatkan ekskresi asam empedu dan membantu mengeluarkan racun dari dalam usus.(klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Usai Cabut Gigi Jangan Langsung Merokok, Bahaya Banget!


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler