Makanan dapat Memicu Rasa Cemburu

Sabtu, 14 Juli 2012 – 13:03 WIB
LONDON - Anda sedang dekat dengan seseorang? Hati-hatilah dengan makanan, karena para peneliti dari Cornell University menemukan jika makanan dan minuman bisa memicu kecemburuan. Nah,  efek ini bukan hanya bagi pria, karena hal serupa juga berlaku untuk  wanita.

Seperti dilansir Livescience, para peneliti Cornell University melakukan studi atas 79 mahasiswa dan meminta mereka melakukan aktivitas bersama orang terdekatnya dengan partisipasi dengan mantan kekasihnya selama satu jam.  Termasuk aktivitas email, berbicara di telepon, minum kopi dan juga makan di waktu yang berbeda.

Dari korespondensi email, hasilnya menunjukkan peringkat pertama kecemburuan dipicu oleh makanan. Bahkan hal terkait kopi juga  memicu provokasi potensial.

Makan malam bersama mantan kekasih menduduki peringkat tertinggi skala pemicu kecemburuan pasangan daripada makan siang. Sama halnya dengan minum kopi sore hari yang potensi kecemburuannya lebih tinggi dibandingkan dengan pagi hari.

Berbagi makanan dengan pasangan romantis masa lalu bisa berarti lebih dari sekedar mengkonsumsi kalori pada saat yang sama. Menurut para peneliti tersebut, pertemuan dengan mantan untuk menyantap makanan memiliki potensi kecemburuan lebih besar daripada interaksi tatap muka  tanpa melibatkan makanan.

"Termasuk dalam penelitian ini, juga diwakili dengan aktivitas minum kopi bersama," ujar Kevin Kniffin dan Brian Wansink peneliti dari Cornell University (12/7).

Para physicaleffects juga mempelajari tentang konsumsi makanan dan berat badan, sering dipelajari, namun relatif sedikit pengaruhnya terhadap perilaku sosial. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE ini mendeteksi skala tertinggi pemicu kecemburuan akibat makanan. (esy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Wanita Berdada Besar Rentan Kanker

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler