Makanan Ini Dapat Membuat Anda Semakin Gemuk

Jumat, 10 Maret 2017 – 13:03 WIB
Minuman Juice. FOTO: Laman Cheat Sheet

jpnn.com, JAKARTA - Pada umumnya kegemukan biasanya disebabkan oleh makanan yang Anda makan sehari-hari. Banyak orang yang tidak mengetahui dan tidak menyadari bahwa makanan yang Anda makan sehari-hari mengandung bahan yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk.

Oleh sebab itu, untuk menjaga berat badan, Anda harus mengetahui makanan apa saja yang bisa membuat gemuk.

BACA JUGA: 7 Makanan Sehat ini Dianjurkan Ahli Gizi

Lalu makanan apa saja yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Kamis (9/3).

1. Daging merah

BACA JUGA: Makanan Ini Kaya Antioksidan

Daging merah bisa menjadi faktor kunci dalam kenaikan berat badan karena mereka tinggi lemak jenuh. Selain itu, penelitian telah menemujan bahwa makan daging, termasuk daging merah bisa menyebabkan pinggang Anda melar dari waktu ke waktu.

2. Soda manis

BACA JUGA: Mau Tingkatkan Daya Tahan Tubuh? Coba 10 Makanan ini

FitDay mengatakan soda manis dan soda diet bahkan lebih berbahaya daripada sepotong kue karena penambahan adiktif kafein didalamnya.

3. Roti putih

WebMD menjelaskan makan dua porsi roti putih sehari telah dikaitkan dengan penambahan berat badan karena roti putih dibuat dengan tepung halus yang menawarkan nilai gizi yang sangat sedikit.

4. Alpukat

Alpukat mengandung 10 gram serat dan dua kali lebih banyak kalium daripada pisang dan bahkan bisa membantu menurunkan kolesterol.

Dengan semua nilai gizi yang terkandung didalam alpukat, bagaimana mungkin buah ini bisa menaikan berat badan?

Jawabannya adalah ukuran porsi. Anda harus berhati-hati dengan berapa banyak porsi alpukat yang Anda makan jika Anda ingin tetap slim, karena satu buah alpukat mengandung 300 kalori.

Sementara lemak tak jenuh tunggal dianggap sehat, mereka masih bisa berkontribusi untuk berat badan jika Anda dikonsumsi terlalu banyak.

5. Alkohol

Daily Mail online menjelaskan alkohol bisa menjadi sumber utama kenaikan berat badan ketika dikonsumsi terlalu banyak.

Wanita seharusnya hanya minum satu gelas alkohol/wine per hari. Untuk pria, dua minuman per hari adalah standar.

Alkohol juga bisa mendatangkan malapetaka bagi metabolisme Anda dari waktu ke waktu. Karena tubuh Anda tidak bisa menyimpan alkohol, mereka akan segera dimetabolisme.

Ini berarti bahwa lemak lainnya dan gula yang Anda makan didorong ke pinggir jalan karena tubuh Anda memproses minuman keras. Seiring waktu, hal ini bisa memiliki efek besar pada metabolisme Anda yang mengakibatkan kenaikan berat badan.

6. Kacang

Kacang tinggi asam lemak omega-3 dan protein, tetapi mereka juga tinggi kalori, dimana seperempat cangkir almond saja mengandung 132 kalori.

7. Jus segar

Makan buah apel sangat berbeda dengan minum jus apel segar karena seluruh buah apel menawarkan serat dan fitonutrien yang membantu memperlambat penyerapan gula.

Ketika Anda minum jus, Anda kehilangan nutrisi tersebut.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makanan ini Bisa Meningkatkan Tekanan Darah


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Makanan   Gemuk  

Terpopuler