Makanan Ini Kaya Antioksidan

Senin, 20 Februari 2017 – 23:24 WIB
Buah Anggur. FOTO: Laman Care2

jpnn.com - jpnn.com - Antioksidan merupakan kekuatan yang melindungi kita dari bermacam penyakit dan berfungsi memperlambat proses penuaan. Antioksidan sendiri keberadaannya sangat penting bagi tubuh karena memiliki berbagai macam manfaat dan fungsi bagi kesehatan tubuh manusia.

Salah satu manfaat yang paling penting dari antioksidan bagi tubuh yaitu melawan radikal bebas dalam tubuh. Berarti sudah jelas apabila seseorang memiliki kadar antioksidan dalam tubuh yang rendah, orang tersebut rentan terkena berbagai jenis penyakit seperti penyakit kanker dan jantung.

BACA JUGA: Mau Tingkatkan Daya Tahan Tubuh? Coba 10 Makanan ini

Karena itu, keberadaan antioksidan sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia dan biasanya antioksidan ditemukan di dalam buah buahan dan sayuran.

Berikut ini beberapa makanan yang kaya akan anti oksidan, seperti dilansir laman Care2, Minggu (19/2).

BACA JUGA: Makanan ini Bisa Meningkatkan Tekanan Darah

1. Bluberi

Blueberry dianggap sebagai superfruit karena kandungan gizinya. Bluberi mengandung antosianin, flavonoid yang dianggap memiliki kapasitas antioksidan kuat.

BACA JUGA: 7 Makanan ini Bisa Bantu Tenangkan Pikiran

Blueberry memiliki indeks glikemik rendah, jadi meskipun rasanya manis, mengonsumsi mereka tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah

Blueberi dikenal sebagai makanan otak karena buah ini membantu meningkatkan fungsi memori dan menunda degenerasi kognitif yang disebabkan oleh penuaan

2. Raspberi

Raspberry juga berada dalam daftar teratas makanan paling kaya antioksidan karena mereka mengandung dosis yang baik dari vitamin C dan antosianin (senyawa tanaman yang bertindak sebagai pigmen).

Tapi jantung dari kekuatan raspberry ini terletak pada ellagitannins dan asam ellagic, yang mampu menghancurkan sel-sel kanker dengan menyebabkan apoptosis (atau kematian sel normal).

3. Plum

Plum mampu menghilangkan sembelit dan mereka juga sumber antioksidan karena mengandung senyawa polifenol yang disebut asam hydroxycinnamic.

Asam hydroxycinnamic juga mendestabilkan struktur sel radikal bebas.

4. Teh

Teh mengandung antioksidan dari polifenol, zat gizi mikro yang membantu mencegah penyakit degeneratif seperti kanker.

Penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa antioksidan dalam teh hijau khususnya mungkin bisa melindungi terhadap beberapa jenis kanker, termasuk kanker kulit, paru-paru, usus besar, payudara, pankreas dan kanker hati.

Studi menunjukkan bahwa minum teh hijau bisa membantu melindungi terhadap tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner dan kolesterol tinggi.

5. Cranberry

Menurut sebuah studi USDA, cranberry adalah salah satu makanan yang paling kaya antioksidan. Mereka tidak hanya menawarkan vitamin C dan E, tetapi juga selenium dan asam ellagic.

6. Kenari

Kenari bekerja keras untuk memastikan fungsi tubuh seperti seharusnya. Mereka bisa:

- Mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

- Meningkatkan fungsi endotel atau seberapa baik jantung berkontraksi.

- Meningkatkan keseluruhan profil lipid yang meliputi trigliserida dan kolesterol total.

7. Kacang hitam

Kacang hitam mengandung dosis yang berlimpah dari fitonutrien. Senyawa ini diyakini mengurangi risiko kanker usus besar, penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Mereka juga tinggi protein dan serat.

8. Kacang merah

Satu studi menemukan bahwa hanya setengah cangkir kacang merah memiliki kombinasi dari 13.727 antioksidan.

Bagian dari apa yang membuat jenis kacang-kacangan sangat efektif adalah kandungan flavonoidnya yang tinggi. Flavonoid merupakan senyawa nabati yang memiliki berbagai manfaat positif, seperti:

-Mengurangi eksim.
-Mengurangi gejala alergi dan asma.
-Bertindak sebagai agen antivirus.
-Mengurangi risiko kanker.

9. Blackberry

Blackberry mendapatkan kekuatan super mereka dari anthocyanin, pigmen yang memberi warna khas dari buah ini dan juga mengandung antioksidan yang membantu mengurangi hipertensi.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Suka Makan Pizza? Baca ini deh


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler