Makanan-makanan ini Baik untuk Kesehatan Jantung

Sabtu, 25 Maret 2017 – 12:31 WIB
Penyakit jantung. Foto: Active One Group

jpnn.com - Setiap orang tentu ingin memiliki jantung yang sehat. Jantung merupakan organ yang sangat penting untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh dan paru-paru.

Jantung mengendalikan aliran darah melalui sistem peredaran darah, menyalurkan oksigen ke seluruh pembuluh darah, memberikan nutrisi ke semua organ tubuh, menyaring racun dalam tubuh dan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen untuk tubuh.

BACA JUGA: Warga Gempar, Pejabat Terbujur Kaku di di Kasur

Ada berbagai jenis makanan sehat untuk jantung yang bisa kita konsumsi setiap hari, seperti dilansir laman Health, Kamis (23/3).

1. Salmon.

BACA JUGA: Sakit Ginjal atau Jantungan? Cobalah Teh Daun Sukun

Salmon dan ikan berlemak lainnya seperti sarden dan makarel adalah superstar makanan untuk jantung sehat. Itu karena mereka mengandung jumlah asam lemak omega-3 yang cukup banyak dan mampu menurunkan risiko aritmia (denyut jantung tidak teratur) dan aterosklerosis (plak membangun di arteri) dan mengurangi trigliserida.

2. Oatmeal.

BACA JUGA: Kalau Begini, Yakin Masih Ragu Untuk Bersyukur?

Oatmeal tinggi serat larut yang bisa menurunkan kolesterol. Oatmeal bertindak sebagai spons dalam saluran pencernaan dan menyerap kolesterol sehingga dieliminasi dari tubuh dan tidak diserap ke dalam aliran darah.

Lebih baik Anda menghindari oatmeal instan yang sering mengandung gula.

Biji-bijian lain seperti roti, pasta dan bubur jagung juga baik untuk jantung selama mereka masih mengandung seluruh biji-bijian.

3. Blueberry.

Tidak hanya blueberry, tapi stroberi dan berry lainnya juga. Wanita yang rutin mengonsumsi tiga porsi blueberry dan stroberi memiliki risiko 32 persen lebih rendah terkena serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang jarang makan buah-buahan ini.

Hal ini mungkin ada kaitannya antara senyawa yang dikenal sebagai anthocyanin dan flavonoid (yang merupakan antioksidan) yang bisa menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Anthocyanin memberikan tanaman warna merah dan biru.

4. Dark chocolate.

Coklat hitam bisa bermanfaat bagi jantung Anda juga. Sebuah studi pada tahun 2012 menemukan bahwa konsumsi cokelat setiap hari bisa mengurangi serangan jantung nonfatal dan stroke pada orang yang berisiko tinggi untuk masalah ini.

Temuan diterapkan hanya untuk dark chocolate, yang berarti cokelat terdiri dari setidaknya 60-70 persen dari cocoa.

Dark chocolate mengandung flavonoid yang disebut polifenol yang bisa membantu menurunkan tekanan darah, pembekuan dan peradangan.

5. Citrus.

Wanita yang mengonsumsi jumlah tinggi flavonoid yang ditemukan dalam jeruk dan grapefruits adalah 19 persen lebih rendah kemungkinannya terkena stroke iskemik yang disebabkan oleh gumpalan darah) dibandingkan wanita yang tidak mendapatkan banyak dari senyawa ini.

Buah jeruk juga tinggi vitamin C, yang telah dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung.

6. Kedelai.

Kedelai mengandung kadar tinggi lemak tak jenuh ganda (baik untuk kesehatan Anda), serat, vitamin dan mineral.

Terlebih lagi, kedelai bisa mengurangi tekanan darah pada orang yang makan diet tinggi karbohidrat olahan. Dan dibandingkan dengan susu atau protein lainnya, protein kedelai benar-benar bisa menurunkan LDL atau kolesterol "buruk".

7. Kentang.

Kentang kaya akan kalium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Dan mereka tinggi serat yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung. (fny/jpnn)


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler