Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Rabu, 23 September 2015 – 07:30 WIB
ILUSTRASI. FOTO: India Times

jpnn.com - Makanan yang mengandung asam folat dinilai memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tidak hanya untuk bagian tertentu saja. Bukan saja untuk menjaga kesehatan tetapi asam folat juga bisa membantu dalam proses penyembuhan berbagai jenis penyakit.

Untuk ibu hamil pun makanan yang mengandung asam folat sangat penting untuk perkembangan janinnya supaya tumbuh normal dan tidak mengalami kecacatan.

BACA JUGA: Perokok Aktif Meningkatkan Risiko Kehilangan Gigi

Asam folat adalah sejenis vitamin B9 yang larut dalam air. Manfaat asam folat yang utama adalah untuk kelancaran metabolisme dan perkembangan sel tubuh.

Asupan harian yang direkomendasikan:

BACA JUGA: Mengapa Telinga Anda Tidak Berhenti Berdengung?

· Pria di atas 19 tahun: 400 mikrogram

· Wanita di atas 13 tahun: 400-600 mikrogram

BACA JUGA: Mengapa Mengonsumsi Ikan Bisa Turunkan Resiko Depresi

· Wanita hamil: 600 mikrogram

Harap dicatat: Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tingkat tinggi asam folat bisa menyebabkan kanker payudara, oleh karena itu penting untuk memantau asupan asam folat Anda. Untuk mencegah over dosis folat, tingkat maksimum asam folat yang sebaiknya dikonsumsi adalah 1000 mikrogram.

Sebaiknya Anda mendapatkan dosis harian asam folat dengan memasukkan makanan ini dalam diet kesuburan Anda, seperti dilansir laman Health Me Up, Senin (21/9).

1. Sayuran berdaun hijau gelap

Untuk meningkatkan asam folat, tambahkan bayam, kedelai dan romane selada kedalam diet Anda. Hanya satu piring besar sayuran berdaun hijau ini akan memberikan kebutuhan harian asam folat Anda.

2. Kacang, polong dan lentil

Buncis dan kacang polong sangat tinggi rasio asam folat. Ini termasuk kacang pinto, kacang polong lima, black eyed peas, kacang hijau dan kacang merah. Semangkuk kecil kacang ini akan memberikan kebutuhan harian Anda dari asam folat.

3. Alpukat

Alpukat menawarkan 90 mikrogram vitamin B9 per cangkir, yang setara dengan 22 persen dari kebutuhan asam folat harian Anda. Ini juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, serat makanan dan vitamin K.

4. Bit

Mereka kaya akan antioksidan dan elemen detoksifikasi. Satu cangkir bit bisa menutupi 34 persen dari kebutuhan harian Anda untuk asam folat.

5. Jeruk

Buah jeruk kaya akan asam folat. Jeruk, pepaya, pisang, anggur, stroberi kaya akan kandungan asam folat.

6. Okra

Okra sangat bagus untuk pencernaan dan menghilangkan racun dalam tubuh. Hanya secangkir mengandung 37 microrams asam folat.

7. Jagung

Jagung kaya folat dan hanya secangkir jagung rebus mencakup 20 persen dari kebutuhan harian asam folat Anda.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tips untuk Menurunkan Berat Badan secara Pintar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler