Makin Sulit Menuju Wembley

Jumat, 13 Januari 2012 – 10:23 WIB

MANCHESTER - Kekalahan beruntun dialami Manchester City dalam dua laga terakhir. Setelah takluk dari Manchester United pada babak ketiga Piala FA (8/1), mereka kembali kalah dari Liverpool 0-1 (0-1) pada first leg semifinal Piala Carling kemarin dini hari (12/1).
   
Kekalahan di Etihad Stadium, markas City, membuat peluang The Citizens, julukan City, melaju ke final Piala Carling di Wembley, menjadi berat. Pasalnya, pada second leg, gantian mereka yang akan berangkat ke Anfield, markas Liverpool (25/1).

Kehilangan pemain penting seperti Yaya Toure, Kolo Toure, dan Vincent Kompany berpengaruh besar pada performa City. Terutama di jantung pertahanan karena tinggal menyisakan Joleon Lescott dan Stefan Savic.

Kekalahan City kemarin dini hari juga tidak lepas dari kesalahan Savic. Bek asal Montenegro berusia 21 tahun itu memang masih miskin pengalaman. Pelanggaran yang dilakukannya di area terlarang terhadap Daniel Agger berdampak hukuman penalti.

Kemudian, kapten Liverpool Steven Gerrard yang ditunjuk sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik pada menit ke-13. Akhirnya mereka merasakan kekalahan back to back pertama di kandang sejak Februari 2008 lalu.

"Sudah jelas tanpa tiga atau empat pemain utama kami, lebih sulit melakoni pertandingan. Harusnya kami tidak pantas kalah. Kami bermain buruk di babak pertama, tapi hasilnya tetap tidak benar. Paling tidak harusnya seri," ketus Roberto Mancini, manajer City, seperti dikutip AP.

"Savic masih butuh tambahan pengalaman. Itu normal. Dia masih muda. Menghadapi striker seperti Andy Carroll, sepertinya dia menghadapi banyak masalah. Pada babak kedua, dia sudah lebih baik," jelas mantan pelatih Inter Milan itu.

Liverpool sendiri bermain cukup baik. Peluang mereka lebih baik pada babak pertama. Beruntung, kiper City Joe Hart melakukan setidaknya tiga penyelamatan gemilang, sebelum akhirnya kebobolan oleh gol Gerrard melalui penalti.

"Ada dua performa yang berbeda pada dua babak. Pada babak pertama kami lebih berbahaya dan mengancam. Memiliki beberapa peluang bagus. Pada babak kedua, kami tidak begitu bagus, tapi tidak ada gol yang tercipta," bilang Kenny Dalglish, manajer Liverpool.

Menurut Dalglish, kemenangan atas City sangatlah penting. Apalagi terjadi di Etihad Stadium. "Tidak banyak tim yang mampu datang ke sini dan mendapatkan gol tandang. Jadi, saya pikir ini hasil yang sangat positif," lanjutnya. (ham)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Laga Persiram - Persiba Ditunda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler