Maknai Warisan Bangsa, Karyawan PT GNI Kompak Berbatik

Kamis, 03 Oktober 2024 – 09:08 WIB
Antusiasme para karyawan saat mengikuti acara Hari Batik Nasional. Foto: GNI

jpnn.com, JAKARTA - Karyawan PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI) memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober, dengan kompak mengenakan batik di tempat kerja.

Langkah ini sebagai apresiasi terhadap warisan budaya bangsa, sekaligus upaya memperkuat rasa kebersamaan dan identitas di kalangan karyawan.

BACA JUGA: Luncurkan Batik Desain Khusus, Ketum DPP GSC Community: Wujud Nyata Menjaga Warisan Leluhur

Batik lebih dari sekadar kain bermotif; ia merupakan simbol kekayaan budaya, seni, dan filosofi kehidupan bangsa Indonesia.

Setiap motif batik mengandung makna filosofis yang mencerminkan nilai-nilai kebijaksanaan lokal dan sejarah.

BACA JUGA: Peringati Hari Batik Nasional 2024, Tokopedia Bantu UMKM Lokal Lewat Kampanye

Selain memperingati Hari Batik Nasional, PT GNI secara rutin mengadakan kegiatan yang mempromosikan kesenian dan kebudayaan Indonesia.

Komisaris PT GNI, Wisma Bharuna mengatakan, perayaan ini memperkuat rasa kebersamaan antarkaryawan sekaligus mendorong generasi muda untuk memahami makna di balik motif batik.

BACA JUGA: HBN 2024, Anak Muda Berperan Penting dalam Melestarikan Batik

"Setiap corak batik memiliki nilai-nilai yang diwariskan dari generasi ke generasi, seperti motif parang yang bermakna berani," jelas Wisma, dalam keterangannya, Kamis (3/10).

Head of Corporate Communication PT GNI Mellysa Tanoyo menyatakan, budaya perusahaan yang kuat tidak hanya dibangun dari sistem kerja yang efektif, tetapi juga dari penghargaan terhadap budaya lokal.

"Dengan mengenakan batik, kami ingin menunjukkan bahwa budaya bisa menjadi elemen penting dalam membangun kebersamaan di tempat kerja," ungkap Mellysa.

Dia menambahkan bahwa beragam motif batik yang dikenakan karyawan mencerminkan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk menambah kemeriahan, PT GNI juga menyelenggarakan Kompetisi Reels dan Foto Instagram bertema #HariBatikdiGNI.

Kompetisi ini diadakan dari 2 hingga 11 Oktober 2024 dan diharapkan dapat menciptakan atmosfer kolaboratif yang positif di perusahaan. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler