Maksimalkan Pengamanan, Polisi di Riau Dikerahkan ke Berbagai Gereja

Minggu, 24 Desember 2023 – 12:10 WIB
Kepala Satuan Tugas Operasi Daerah (Kasatgasopsda) Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat. Foto: Ditlantas Polda Riau.

jpnn.com, RIAU - Polisi mulai lakukan pengamanan di jalan raya hingga gereja-gereja saat Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 di Riau.

Dimulainya operasi lilin ditandai dengan operasi gelar pasukan dan pengerahan personel polisi yang berlangsung di lapangan Purna MTQ Pekanbaru, Riau Sabtu (23/12).

BACA JUGA: Program Berkah Pajak Daerah 2023 Mencapai Rp 566 Miliar Lebih, Ini Kata Ditlantas Polda Riau

Gelar pasukan itu dipimpin oleh Kepala Satuan Tugas Operasi Daerah (Kasatgasopsda) Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat.

Kombes Taufik juga memimpin langsung pelaksanaan kegiatan patroli yang dilakukan ke beberapa gereja di Kota Pekanbaru guna memastikan situasi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas di seputaran tempat Ibadah.

BACA JUGA: Antisipasi Lonjakan Pengiriman Barang Saat Libur Nataru, KAI Logistik Tambah Kapasitas Angkut

Hal itu dilakukan agar memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan Ibadah Natal 2023.

"Kami telah melaksanakan kegiatan patroli skala besar dalam rangka pengamanan Natal 2023 di Kota Pekanbaru. Adapun tujuannya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang hendak melaksanakan Ibadah Natal," kata Taufik, Minggu (24/12).

BACA JUGA: 2.803 Aparat Dikerahkan untuk Mengamankan Nataru di Riau

Taufik menjelaskan, kegiatan patroli skala besar yang dilaksanakan Polda Riau sesuai instruksi Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, bahwa Polri harus hadir di tengah masyarakat untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat yang merayakan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Operasi ini, Polda Riau menerjunkan personel gabungan dengan jumlah kekuatan ops lilin yang di turunkan sebanyak 2.808 personel. Terdiri 1.101 polri dan 1.707 instansi terkait, dan jumlah Pos Pengamanan sebanyak 36 titik dan jumlah Pos Pelayanan sebanyak 18 titik," jelas Taufik.

Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 yang dipimpin Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat selaku Kasatgasopda Operasi Lilin Lancang Kuning 2023 melaksanakan pengecekan gereja-gereja guna memastikan kesiapan personel dan keamanan di lingkungan tempat ibadah tersebut.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, baik yang melaksanakan Perayaan Natal 2023 maupun masyarakat yang hendak berlibur. Baik yang keluar dari Provinsi Riau dan maupun yang berkunjung, tetap jaga keselamatan dan kesehatan agar kita bisa antisipasi hal yang tidak kita inginkan,” turur Taufik.

Kemudian, bagi pengendara yang hendak bepergian ke luar kota, Taufik meminta agar pengendara memastikan kondisi kendaraannya sehat, lengkap surat diri dan surat kendaraan yang digunakan.

"Saat ini kondisi cuaca musim hujan, dan bila kondisi dalam keadaan lelah silahkan manfaatkan tempat istrahat di pos Pam dan Pos Yan. Ingat, utamakan keselamatan dari pada kecepatan, karena keluarga anda menunggu dirumah, keselamatan yang pertama dan utama," ungkap Taufik. (mcr36/jpnn)


Redaktur : Yessy Artada
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler