Malaysia Airlines Jatuh, Rusia Salahkan Ukraina

Jumat, 18 Juli 2014 – 06:35 WIB
Puing pesawat Malaysia Airlines MH17. Foto: Getty Images

jpnn.com - MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin meminta pihak Ukraina bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di wilayah Donetsk, Ukraina, Kamis (17/7).

Putin menyebut operasi militer yang dilakukan pihak Ukraina terhadap kelompok sparatis Pro-Rusia telah menyebabkan wilayah Donetsk menjadi rawan. Hal ini kemudian membuat kelompok sparatis menembak jatuh pesawat sipil tersebut.

BACA JUGA: Ada 11 WNI di MH17 yang Diduga Ditembak Jatuh

"Tragedi ini tidak akan terjadi jika ada kedamaian di kawasan itu, atau dengan kata lain jika operasi militer di tenggara Ukraina tidak dilanjutkan," ujar Putin seperti dilansir laman CNN, Kamis.

"Dan tanpa keraguan lagi pemerintah di wilayah tempat kejadian itu harus bertanggung jawab atas tragedi yang menakutkan ini," tambahnya.

BACA JUGA: Chappy Hakim: Terbang 33 Ribu Kaki, Mengapa Disikat?

Seperti diberitakan sebelumnya pesawat yang membawa 295 orang ini diduga kuat jatuh setelah ditembak oleh misil kelompok sparatis. Kelompok ini sejak beberapa bulan terakhir telah melakukan perlawanan terhadap pemerintah menuntut pemisahan diri dari Ukraina.

Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Razak meminta bantuan dunia internasional agar wilayah konflik tersebut dapat membukakan pintu untuk penyelidikan. Menurutnya harus dilakukan investigasi untuk mengungkap penyebab terjadinya musibah tersebut.

BACA JUGA: Komandan Pemberontak Pro-Rusia: Jangan Melintas di Langit Kami

"Kami harus, dan kami akan mencari yang sebenarnya terjadi pada penerbangan ini. Tidak ada hal apapun yang boleh tertinggal," ujarnya dalam laman yang sama.

"Jika benar bahwa pesawat tersebut ditembak jatuh, kami mendesak bahwa para pelaku harus cepat dibawa ke pengadilan," tambahnya.(zul/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cuaca Buruk di Tiongkok Tewaskan 18 Orang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler