Malaysia Ogah Naturalisasi Pemain

Sabtu, 04 Desember 2010 – 09:22 WIB
JIRAN - Pemain belakang Malaysia, M Asraruddin Putra Bin Omar, dalam laga melawan Indonesia. Foto: Charlie Lopulua/Indopos.
JAKARTA - Naturalisasi pemain kini sudah menjadi tren negara-negara Asia TenggaraSingapura adalah negara Asia Tenggara pertama yang menaturalisasi pemain untuk timnas sepakbolanya.

Di Piala AFF 2010 ini, ada tiga negara lain yang untuk kali pertama tampil dengan diperkuat pemain naturalisasi

BACA JUGA: Pelatih Izinkan Keluarga Temui Pemain

Masing-masing yaitu Indonesia (Cristian Gonzalez), Vietnam yang memakai empat pemain keturunan dari negara Latin dan Ukraina, serta Filipina yang bahkan menyertakan tujuh pemain naturalisasi
Hasilnya bisa dilihat, Filipina yang sebelumnya menjadi tim anak bawang di Asia Tenggara, berhasil menahan seri 1-1 juara Piala AFF tiga kali, Singapura, di laga perdana Grup B.

Tapi naturalisasi sepertinya belum ada di benak timnas Malaysia

BACA JUGA: Menang Besar Bukan Berarti Juara

Negeri jiran ini mengatakan masih akan memilih pembinaan pemain berusia muda
"Soal naturalisasi? Di liga kami tidak ada pemain asingnya

BACA JUGA: Thailand v Malaysia: Tak Merasa Tertekan

Kami lebih berkonsentrasi dengan para pemain mudaDengan tidak adanya pemain asing, maka pemain muda lebih banyak mendapat kesempatan bermain," kata pelatih Malaysia, K Rajagopal, dalam press conference kemarin sore, di Hotel Sultan.

Menurut Rajagopal, para pemain muda yang dibawa ke Piala AFF 2010 adalah cikal-bakal kekuatan timnas Malaysia ke depan"Pemain-pemain yang kami bawa ke Piala AFF, mereka masih banyak yang berusia 19 dan 21 tahunEven ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi merekaIni bisa meningkatkan kemampuan pemain," lanjutnya.

Lebih lanjut, Rajagopal mengungkapkan jika tim yang dibinanya saat ini memang diproyeksikan untuk Piala Asia 2015Dengan rataan usia di bawah 23 tahun, tim ini diharapkan bisa berbicara dalam lima tahun ke depan"Youth development sangat penting di MalaysiaProyeksi tim ini adalah untuk Piala Asia 2015," beber RajagopalSalah satu hasil dari pembinaan usia muda itu, menurut Rajagopal, adalah keberhasilan Malaysia meraih medali emas SEA Games Laos tahun lalu(ali)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Laos v Indonesia: Misi Ganda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler